Luur! Mimpi Bisa Naikan Kadar Gula Darah!

Cek kadar gula (Foto; Google)
Cek kadar gula (Foto; Google)

TERKADANG banyak orang yang terkejut ketika bangun di pagi hari kadar gula darah mereka tinggi. Padahal, ketika bangun pagi hari belum makan dan melakukan aktivitas apa pun. Apa penyebabnya?

Ketua Umum Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADA) Prof. DR. dr. Sidartawan Soegondo, SpPD – KEMD, FACE mengatakan bahwa kadar gula darah seseorang bisa aja tinggi ketika baru bangun tidur di pagi hari. Menurutnya, ada yang suatu hal yang membuat hal tersebut bisa terjadi.

“Hal itu disebabkan karena hormon adrenalin dan steroid meningkat, karena kedua hormon tersebut bersifat antagonis terhadap insulin,”ujar Prof. Sidartawan di Siloam Hospitals TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2013).

“Jadi, kedua hormon (adrenalin dan steroid) yang tadinya cukup, kerjanya menjadi kurang karena sifat antagonis terhadap insulin,”tambahnya.

Oleh karenanya, Prof. Sidartawan mengatakan bahwa adrenalin yang meningkat dapat dipengaruhi oleh mimpi yang dialami seseorang ketika tidur di malam hari. Lantas, Prof. Sidartawan memberikan pertanyaan, manakah yang dapat meningkatkan kadar gula darah, mimpi pergi ke restoran makan banyak atau mimpi seram atau kecelakaan?

“Jawabannya adalah mimpi mengalami sesuatu yang menyeramkan atau kecelakaan, karena meningkatkan adrenalin,”ungkapnya.

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.