Begini Peregangan Tepat Sebelum Olahraga

tsF1Jyywrp

Iklim suatu negara memengaruhi cara peregangan yang efektif untuk dilakukan saat ingin berolahraga. Semua negara memiliki berbeda-beda dalam perengangan badan. Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Nano Oerip, seorang personal trainer dari Gold’s Gym menerangkan bahwa karena Indonesia beriklim tropis jadi tipe perenggangan yang baik itu ialah perenggangan tipe dinamis ketimbang statis. Perenggangan dinamis sendiri adalah gerakan peregangan yang dilakukan dengan melibatkan otot-otot dan persendian, kemudian gerakan peregangan ini dilakukan secara perlahan dan terkontrol dengan pangkal pada gerakannya adalah pangkal persendian.

Lebih dalam, gerakan peregangan dinamis sasarannya adalah rasa nyaman agar meningkatkan darah dalam tubuh mengalir. Sebaliknya, gerakan statis sasarannya untuk mencapai rasa nyeri atau tak nyaman yang dipertahankan dalam beberapa waktu. Lari di tempat secara perlahan-lahan, kemudian jalan merupakan peregangan dari jenis peregangan dinamis yang bisa dipilih banyak orang.

“Kunci dari peregangan dinamis adalah gerakannya yang dilakukan secara perlahan dan terkontrol, ataupun dengan cara yang halus. Jadi, bagaimana peregangan yang tepat bisa dimulai? Anda bisa berlari di tempat secara perlahan, kemudian berjalan beberapa saat, kemudian berlari ditempat lagi. Itulah warming up tipe dinamis,” jelasnya dalam acara yang bertema Press Conference AIA Healthy Living Index Survey 2013, Premier Lounge XXI, Plaza Indonesia lantai 6, Jakarta, belum lama ini.

Ditambahkannya, sementara untuk para atlet biasanya tipe peregangan dominannya lebih tinggi lagi. Misalnya saat mengangkat paha saat berlari di tempat, kecenderungan mereka akan mengangkat paha kaki yang lebih tinggi lagi. (bobotoh.id/okezone.com/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.