Kieu Olahraga Lari nu Bener téh Luurrr…

Berlari (Foto: Menshealth)
Berlari (Foto: Menshealth)

Mungkin selama ini mengetahui bahwa olahraga lari itu hanya melangkahkan kaki dengan cepat. Nyatanya, lari juga ada teknik yang benar saat melangkahkan kaki atau sikap tubuh saat berlari. Seperti apa caranya?

Ya, hal itu dibenarkan oleh Nano Oerip, seorang personal trainer dari Gold’s Gym. Dia menjelaskan bahwa olahraga lari harus tepat dilakukan. Berlari asal-asalan malah membuat kaki cedera. Hal pertama yang harus diperhatikan itu ritme jantung karena setiap orang memilki ritme jantung yang berbeda. Kemudian, saat melangkahkan kaki harus menghindari tumit sampai pada pijakan terlebih dahulu, karena hal itu bisa memicu cedera pada kaki.

“Larilah di tempat terlebih dulu dengan pelan. Tujuannya kita ingin mencari ritme jantung kita sendiri plus menggerakan kedua tangan juga. lari di tempat juga upaya untuk mensinkronkan tangan dan kaki. Kemudian, jangan sekali kali menahan langkah dengan berpangku pada tumit terlebih dahulu. Karena efek gravitasi bisa membuat bagian kaki sampai paha bisa mengalami cedera,” dalam acara yang bertema Press Conference AIA Healthy Living Index Survey 2013, Premier Lounge XXI, Plaza Indonesia lantai 6, Jakarta, Rabu, 18 Desember 2013.

Setelah itu, lanjut dia, kalau sudah siap untuk mulai berlari, mulailah dengan berjalan pelan-pelan. Kemudian, saat berlari diusahakan untuk berjalan tegak.

“Saat ingin berlari, pelan-pelan saja dulu, kemudian meningkat menjadi jogging. Dan kalau sudah siap, tinggal menambah kecepatan lagi. Sementara itu bila napas sudah terengah-engah dan saat berbicara sudah sulit saat berlari, langsung turunkan intensitas Anda,” terangnya. (bobotoh.id/okezone.com/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.