Pemerintah AS Masih Pakai Disket

Lama tak dipakai, mungkin banyak yang mengira bahwa disket berukuran 3,5 inci alias floppy disk sudah punah.

Namun, media transfer data yang hanya mampu menampung data sekian megabyte itu ternyata masih dipakai oleh Federal Register, badan Pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab merekam aktivitas harian pemerintah federal.1753032disket780x390

Sebagaimana dikutip dari The New York Times, tugas Federal Register adalah mengumpulkan data soal perintah, perubahan regulasi, dan catatan yang dikeluarkan oleh berbagai agensi Pemerintah AS dan memublikasikannya secara online dan cetak.

Hal itu dilakukan untuk memenuhi syarat transparansi informasi agar publik negeri Paman Sam bisa menginspeksi apa saja yang dilakukan pemerintahnya.

Badan-badan pemerintah bisa mengirimkan data ke Federal Register dalam bentuk cetak atau digital. Soal yang disebut terakhir itu, agensi ini tak mau menerima data yang tersimpan dalam memory cardatau USB flashdrive. Data digital hanya boleh diserahkan dalam bentuk CD atau disket.

Sebenarnya, ada metode pengiriman lewat e-mail yang diamankan. Tetapi, software Public Key Infrastructure yang diperlukan untuk hal ini terbilang mahal sehingga beberapa badan Pemerintah AS belum menerapkan sistem tersebut.

Mereka pun lebih memilih untuk memindai dokumen, menyimpan dalam disket, lalu mengirimkannya ke Federal Register dengan kurir.

Penggunaan floppy disk mencapai puncaknya pada pertengahan tahun 1990-an ketika kebanyakan pengguna komputer memakai media ini untuk menyimpan dan bertukar data.

Kemudian, seiring dengan meningkatnya popularitas media penyimpanan berbasis USB, pamorfloppy disk berangsur menurun. Kini, komputer modern yang menyertakan drive untuk membaca dan menulis ke disket terbilang sangat langka. (bobotoh.id/kompas.com/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.