Sekolah Ini Hanya Memiliki Seorang Murid

sakola 1

Masalah pendidikan kembali menjadi obyek pembicaraan saat peringatan Hari Guru Indonesia pada 25 November 2013 kemarin. Masalah lebih dititik beratkan mengenai bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan di tengah gempuran modernisasi yang membuat siswa malas serta tawuran pelajar yang sudah mendarah daging.

Banyak yang mengekuhkan rendahnya minat belajar para siswa di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Daripada hanya mengeluh, mari kita melihat pendidikan di negeri China yang bisa kita jadikan contoh.

Hu Yang tidak pernah bosan ke sekolah walau di sekolahnya tidak ada teman
Hu Yang tidak pernah bosan ke sekolah walau di sekolahnya tidak ada teman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebuah sekolah dasar di Fujian, China, hanya memiliki seorang murid saja yaitu Hu Yang (8 tahun) yang kini duduk di kelas 3. Pada 7 tahun lalu, sekolah dasar ini memiliki 80 murid. Namun karena banyak murid yang pindah domisili, maka tinggallah Hu Yang seorang diri. Tidak ada siswa dan angkatan lain lagi selain dirinya.

Suasana kegiatan belajar mengajar di sekolah yang hanya memiliki satu murid
Suasana kegiatan belajar mengajar di sekolah yang hanya memiliki satu murid

 

 

 

 

 

 

 

Setiap hari ia berangkat ke sekolah dengan semangat, begitu pula 2 orang guru yang mengajarnya. Mereka tidak pernah mengeluh. Sikap seperti mereka ini seharusnya dicontoh.

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.