Gunakan Sandal Presiden Uruguay Lantik Menterinya

Presiden Uruguay Jose Mujica (AP)
Presiden Uruguay Jose Mujica (AP)

Max Fisher, di Sydney Morning Herald mengomentari Presiden Uruguay Jose Mujica  yang  tampil sangat  sederhana  saat  melakukan  pelantikan memterinya  baru-baru ini.  Hanya  mengenakan  pakaian sederhana beralasankan sandal  sang presiden melantik  Menteri Keuangan Mario Bergara

Kesederhanaan  penampilan mantan gerilyawan   disukai rakyatnya
dikenal sebagai pemimpin  yang dikenal  dengan prinsip hidup hemat.

Mujica  dalam  kehidupan sehari-harinya  menghindari semua perangkap kekuasaan dan status  bahkan   ia menyumbangkan hampir seluruh gajinya,  sementara  ia  hidup di apartemen  dengan satu kamar yang kecil, bahkan untuk  mengantar dirinya kemana-mana cukup dengan   menyetir VW Beetle tuanya

Mujica  kerap dijuluki sebagai ‘presiden termiskin di dunia’. Meski ia menolak label itu. Kata  Mujica ia bukan korban kemiskinan, melainkan pemimpin politik yang peduli soal ketimpangan ekonomi, dan berusaha keras untuk memimpin rakyatnya dengan teladan, bukan sekadar bicara.

Dalam kepemimpinan Mujica sejak tahun  2010, Urugay makin ‘hidup’. Ia mendapat banyak penghargaan dari lembaga Barat. Bahkan The Economist menyebut Uruguay sebagai “negara tahun ini”

“Sederhana namun berani, liberal dan suka bersenang-senang, Uruguay adalah negara tahun ini,” demikian pengumuman The Economist.

Penampilan Mujica adalah cermin dari prinsip hidupnya. “Aku muak dengan aturan yang ada. Kita berada di sebuah era di mana kita tidak bisa hidup tanpa menerima logika pasar,” kata dia kepada Guardian. “Apa yang kita lakukan adalah otomatisasi dari kehendak pasar.” (bobotohcoid/tribunnews/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.