Mata Lalaki Ieu Katempo Nyentrik Sanggeus Kasetrum

mataa-140127b

Seorang petugas listrik asal Califiornia tersengat listrik bertegangan 14.000 volt. Selain mengalami luka bakar serius di sekujur tubuhnya, pria berusia 42 tahun itu juga terserang katarak yang bentuknya seperti bintang. Mulanya yang tersengat adalah bahu kirinya dan kemudian menjulur ke seluruh tubuh hingga mengenai saraf optiknya, saraf yang menghubungkan bagian belakang mata ke otak. Demikian kisah ironis yang diceritakan oleh peneliti Bobby Korn dan Don Kikkawa dari University of California, San Diego yang menangani pasien ini.

Empat bulan pasca kejadian, pria yang tak disebutkan namanya itu menjalani operasi untuk menghilangkan katarak di matanya, bahkan mendapatkan implan lensa mata baru. Penglihatannya pun semakin membaik setelah dioperasi. Korn mengatakan bahwa mata seperti kamera. “Jika lensa rusak dapat diubah, tetapi kalau film rusak maka Anda tidak akan mendapatkan gambar yang bagus,” ujarnya, seperti dikutip dari Utah People’s Post, Selasa (28/1/2014).

Menanggapi hal tersebut, Korn mengaku tak tahu pasti mengapa ada katarak berbentuk bintang. Namun dari beberapa studi yang terjadi pada hewan diketahui bahwa kerusakan pada lensa mata akibat tersengat listrik biasanya muncul gelembung kecil bernama vakuola di bagian luar lensa. Pembentukan katarak berbentuk bintang sepenuhnya belum pernah terjadi sebelumnya. Awal tahun ini, seorang pria di Austria juga menderita katarak berbentuk bintang di matanya setelah ia menerima bogem mentah tepat di wajahnya. (bobotoh.co.id/liputan6.com/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.