Waspada, DBD Jeung Cikungunya di Bulan Ieu

2062108

Cuaca pada awal 2014 masih tidak pararuguh. Menghadapi kondisi tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung meminta masyarakat mewaspadai sejumlah penyakit yang mulai ada sedikit peningkatan.

“Cuaca saat ini tidak menentu. Seperti hujan, angin besar, tiba-tiba panas tinggi. Akibatnya daya tahan terganggu dan rentan sakit. Kondisi sekarang perlu waspada terhadap sejumlah penyakit,” kata Kepala Dinkes Kota Bandung Akhyani Raksanagara di Plaza Balai Kota Jalan Wastukancana, Senin (6/1/2014).

Menurut Akhyani, penyakit yang harus diwaspadai terutama pola penyakit virus dan penyebarannya dipengaruhi cuaca dan nyamuk. Misalnya waspada terhadap Demam Berdaran Dengue (DBD) dan Cikungunya, karena sekarang ada genangan air yang menjadi tempat berkembang baik.

“Penyakit ini memang ada sepanjang tahun, tetapi tidak ada lonjakan sekarang ini. Hanya kondisi sekarang patut diwaspadai, terutama bagi daerah padat penduduk,” tandasnya.

Sebagai antisipasi, Akhyani menganjurkan warga memperkuat daya tahan tubuh dengan mengupayakan makanan bergizi, istirahat berkualitas, dan mencuci tangan dengan air mengalir sebelum makan dan minum.

“Bersihkan lingkungan, pemberantasan sarang nyamuk, pastikan tidak ada sampah, anak tidur ditutup kelambu. Ada juga ancaman penyakit infeksi saluran penyakit akut dan pencernaan,” katanya. (bobotohcoid/inilahkoran/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.