Kultwit @Ekomaung Ngeunaan Larangan Polda Jabar

ekomaung

  1. Melihat perkembangan sore ini saya jadi pengen sharing obrolan saya sama Prof. Asep WarlanYusuf tentang perizinan sepakbola.
  2. Prof.Asep Warlan adalah guru besar hukum administrasi negara UNPAR, dan jg sejati, bicara izin dsb berarti kita bicara administrasi.
  3. Sebelum saya paparkan obrolan dengan beliau, saya share juga beberapa hal yah.
  4. Tentang peran aparat dan tugasnya, kita harus bedakan dalam 2 konteks: 1. Pertahanan 2. Keamanan.
  5. Setelah pemisahan TNI dan POLRI maka fungsinya semakin jelas,TNI fungsi pertahanan, POLRI fungsi keamanan.
  6. Pertahanan berkaitan dengan ancaman luar seperti perbatasan, perang dll. Sedangkan keamanan berkaitan dengan kondusifitas dalam negeri.
  7. Potensi konflik dalam sepakbola termasuk dalam ranah pengamanan, berarti memang masuk tusinya kepolisian.
  8. Jadi sebesar apapun ancaman itu, memang tugas merekalah, kan mereka dilatih untuk itu, pake uang rakyat juga dilatihnya, persenjataan dll.
  9. Kita mengarah kepada profesionalisme, jangan ingin membuat mudah segala sesuatu, karena rumit maka menghindar.
  10. Keberadaan POLRI menopang tujuan negara yaitu melindungi segenap tumpah darah Indonesia, jadi lindungi warganya, bukan halang2i warganya.
  11. Kaleum ah solat ashar heula, ngke dilanjut deui.
  12. Jangan lupakan pula hak2 warga negara disini, bahwa warga negara berhak berekspresi dan merdeka melihat apa yg tidak dilarang oleh undang2.
  13. Menonton sepakbola adalah termasuk hak warga negara, dan tugas polisi adalah bgaimana agar mreka aman menontonnya, bukan meniadakan sepakbolanya.
  14. Sebenarnya banyak hal di luar ini yg membuat peran polisi menjadi bias, saya kasih contoh yah: uang pengamanan, uang pengawalan, voordrider dsb.
  15. Budaya kita yg suka kasih tips akhirnya membuat pungli menjadi seakan “wajib dan legal”, padahal tiada keharusan karena justru kalo ada apa2.
  16. Dalam sepakbola, konser musik dll. Maka sebenarnya tugas polisi lah yang mengamankan, melindungi warga negaranya,TANPA DIMINTA (kuduna).
  17. Tapi ya itu kita biasa memberi tips, pelicin dsb, jadi yang biasa diberi pun tidak akan serius kalo gak diberi, walau itu sudah tugasnya,
  18. Padahal tips itu hanya tepat jika diberikan pada therapist dan pemandu lagu karena apa yg telah mereka perbuat kepada kita….
  19. SERIUS! Bukan menghindar, itu kuncinya, mereka punya SDM yang seharusnya dilatih dan terlatih untuk tangani konflik2 (termasuk sepakbola).
  20. Oya, btw pertandingan dipindah tetap dengan penonton, walau sama2 menyakitkan sebenarnya lebih baik daripada tempat tetap tapi tanpa penonton.
  21. Karena prinsip “seburuk2nya pertandingan, adalah pertandingan yg dilakukan tanpa penonton”, karena sepakbola justru dianggap sbagai ancaman.
  22. Dan sialnya PERSIB pun telah beberapa kali dipaksa bertanding tanpa kehadiran pendukung setianya.
  23. Kaleumnya, urang digeroan pimpinan gara2 asup kantor jam 12 wae. Jigana, nanti kita lanjut pendapat dan pemikiran2 Prof.Asep, Guru Besar FH UNPAR. bobotoh.co.id/ar

Komentar

Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.