“Park Ranger” Gagahnya Ngaranna Naon Tugasna?

taman

Taman di Bandung sudah banyak, tapi belum terlihat indah karena masih banyak tumpukan sampah. Maka itu, sebanyak 60 Park Ranger sedang disiapkan Pemkot Bandung untuk menjaga kebersihan dan ketertiban taman. Seperti apa sih tugas mereka? “Pekerjaannya sangat berat ternyata. Tadi kita coba di Taman Centrum dari jam 8 pagi sampai Jam 12 baru selesai. Di Taman Lansia malah sampai jam 2 siang baru selesai,” kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Distankam) Kota Bandung, Arief Prasetya Kamis.

Menurut Arief, pekerjaan utama Park Ranger ini yakni menyapu taman dan memungut sampah. Namun selain itu, mereka juga ditugaskan untuk memelihara pohon dan memberi pupuk. “Nanti setiap taman, jumlah personelnya beda-beda, tergantung luas tamannya. Seperti di Centrum itu saya menurunkan 2 persoeil, sedangkan untuk taman Lansia, ada 12 personel. Tapi kita pun evaluasi hasil tes hari ini, karena kan besok pagi jadinya udah enggak terlalu kotor seperti hari ini,” jelasnya.

Park Ranger ini akan bekerja pada pagi hari dan sore hari. Arief berharap dengan adanya Park Ranger bisa menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan taman.
“Dengan adanya Park Ranger yang terus bebersih kan masyarakat bisa tergugah. Insya Allah mereka jadi risih kalau mau mengotori taman.”

Sementara soal upah Park Ranger sendiri, menurut Arief, para Park Ranger ini akan digaji sebesar Rp 50 ribu sampai Rp 70 ribu rupiah. “Mereka akan ditempatkan di taman-taman utama, seperti Taman Lansia, Cilaki, Cikapayang, Panatayudha, Kitri, Campaka, dan lain-lain. Tapi bukan berarti taman yang lain enggak kita garap ya. Hanya saja prioritasnya taman utama itu.” .id/detikNews.com/ar

Komentar

Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.