ROAD TO BRASIL: Sekolébat World Cup Baheula

worldcup-1

Tahun ini! Ya, tahun 2014, untuk kesekian kalinya dalam hidup kita akan menikmati sensasi tontonan para finalis dari 32 negara dari seluruh dunia. Piala Dunia yang nama resminya Piala Dunia atau World Cup, merupakan  kompetisi teramat penting di puncak dunia sepakbola.

mengacu kepada institusi penyelenggaranya yaitu Fédération Internationale de Football Association (FIFA), yang mengatur cabang olahraga terpopuler dan paling banyak ditonton di sealam dunia.

Sepak bola amatir pertama kali dipertandingkan secara internasional sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade tahun 1908. Pada tahun 1909 barulah diselenggarakan turnamen sepakbola dengan nama Sir Thomas Lipton Cup. Gagasan penyelenggaraan Piala Dunia itu sendiri diawali pada tahun 1904 di Paris, ketika berlangsungnya kongres pertama Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

Baru pada tahun 1928, Jules Rimet yang tengah menjabat Presiden FFFA (federasi sepakbola Prancis) dan sejawatnya Henri Delaunay, peserta kongres di Amsterdam memutuskan untuk melaksanakan gagasan tersebut.

Setahun kemudian, FIFA secara resmi membangun sebuah kejuaraan bernama World Cup yang dilangsungkan sekali setiap empat tahun. Di Kongres FIFA 1929 di Barcelona, Spanyol, dipilihlah Uruguay sebagai negara pertama  yang menyelenggarakan Piala Dunia. Uruguay menyingkirkan keinginan negara-negara lain seperti Hungaria, Italia, Belanda, Spanyol dan Swedia. Turnamen ini kemudian dikenal dengan sebutan Jules Rimet Cup.

Dan, mulailah muncul ambisi-ambisi dari negara lain yang berebutan ingin menyelenggarakan turnamen yang paling banyak ditonton masyarakat dunia ini.

Kini, mata sepakbola dunia di bulan Juni tahun ini akan mengarah ke Negeri Samba untuk kedua kalinya.  Brasil!

Dan, 96,4 Bobotoh FM bersama bobotoh.co.id tidak akan ketinggalan menggempitakan kejuaraan paling menyita perhatian dunia ini. Alé, alee. Alééé! (bobotoh.co.id/hangar-kreator/ar)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.