Ulah Ngobral Aplodan Data Pribadi Di Internet

 fotointernet

Bagi Anda yang senang berbagi melalui media sosial, mesti waspada. Jangan sampai terlalu mudah mengumbar data pribadi -termasuk foto- di internet. Pakar teknologi informasi Onno W Purbo mengatakan, perilaku sebagian pengguna internet, terutama pengguna media sosial seperti Facebook, sudah tidak sehat.
Banyak orang yang tanpa sadar dengan mudah menampilkan data pribadinya tanpa disetting dengan baik, sehingga dapat dilihat oleh banyak orang, termasuk orang asing. “Coba saya tanya, ada berapa teman Anda di Facebook? Apakah dari semua teman itu dikenal dengan baik?” tanya Onno kepada beberapa waktu lalu. Aktivis internet sehat itu menjelaskan, sudah banyak pengguna Facebook yang menjadi korban karena keteledoran pengguna mengumbar data prbadi.

“Ada mahasiswi yang datanya disalahgunakan oleh orang lain untuk membuat blog, seolah-olah itu blog si mahasiswi. Datanya dari mana? Dari Facebook, termasuk foto-fotonya ketika di pantai,” tambahnya. Karena itu dia meminta kepada pengguna internet agar lebih waspada, dan tidak sembarangan memberikan informasi pribadi di internet. Menurutnya, banyak orang jahat di internet.

“Kalau ada orang asing minta KTP mungkin kita akan menolaknya. Tapi kenapa kita dengan mudah berbagi data pribadi di Facebook, padahal data yang disebar lebih lengkap dari KTP,” terangnya.
Selain harus waspada, dia pun mengajak pengguna di Indonesia untuk benar-benar menggunakan internet untuk kegiatan positif. “Misalnya untuk menyebarkan ilmu. Ternyata itu bukan merugikan kita.” .co.id/inilahkoran.com/ar

Komentar

Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.