22 Maret Hari Air Sedunia. Cai Téh Énérgi

hari air sedunia

Adalah situs http://www.unwater.org yang setiap tahunnya mengkoordinir kampanye global Hari Air Sedunia (World Water Day).

Hari Air Sedunia sendiri merupakan sebuah kampanye global yang ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat internasional akan pentingnya air bagi kehidupan dan untuk melindungi pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan. Menurut sejarahnya, Hari Air Sedunia atau World Water Day, ditetapkan melalui Resolusi PBB Nomor 147/1993. Resolusi ini menetapkan pelaksanaan peringatan Hari Air se-Dunia setiap tanggal 22 Maret dan mulai diperingati pertama kali pada tahun 1993.

Pada peringatan di tahun 2014 ini, Hari Air Sedunia mengambil tema Water and Energi(Air dan Energi).

Water and Energi atau Air dan Energi dipilih menjadi tema peringatan Hari Air Sedunia Tahun 2014 dengan mempertimbangkan keterkaitan yang erat antara air dan energi. Bahkan air dan energi memiliki keterkaitan yang saling ketergantungan. Di mana air dibutuhkan untuk menghasilkan hampir semua bentuk energi. Dan di lain sisi, energi dibutuhkan pada semua tahapan pengelolaan air baik dari mulai proses pengambilan air dari sumbernya, pengolahan air, hingga distribusi air. Keterkaitan yang saling ketergantungan antara air dengan energi inilah yang dijadikan pesan sentral dalam peringatan Hari Air Sedunia Tahun 2014.

Di samping isu tersebut, berbagai pesan lain pun ingin diangkat dan dikampanyekan kepada masyarakat internasional. Berbagai isu dan pesan tersebut meliputi:

Persediaan air dan energi sama-sama terbatas, namun permintaan justru meningkat. Menghemat energi adalah menghemat air, dan menyimpan air adalah menghemat energi. Milyaran penduduk dunia masih belum mendapatkan akses akan layanan air dan sanitasi yang layak serta belum memperoleh listrik. Padahal air dan energi memiliki peran penting dalam pengentasan kemiskinan.

Indonesia sebenarnya menjadi salah satu negara yang kaya dengan air dan energi. Namun realitanya, kekayaan air tersebut sering kali masih menimbulkan berbagai bencana mulai dari banjir, tanah longsor, bahkan hingga kekeringan. Di samping Indonesia krisis air bersih. Pun dalam bidang energi, kita tidak bisa menutup mata bahwa masih ada saudara-saudara kita di berbagai pelosok nusantara yang belum tersentuh listrik. (bobotoh.co.id/alamendah.org/ar)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.