Gol ke-30 Eto’o, Chelsea Lolos Ka Perempat Final

0000158118

Memasuki leg kedua 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge, Galatasaray dibayangi rekor tak pernah menang di Inggris dalam 8 lawatan dengan 3 kali seri dan 5 kali kalah. Juara edisi 2012, menampilkan performa solid di semua lini dan berhasil lolos ke perempat final dengan kemenangan 2-0 yang melengkapi agregat menjadi 3-1.

Tak banyak membuang waktu, The Blues langsung memimpin di menit keempat melalui Samuel Eto’o yang bergerak lincah melewati jebakan offside untuk meneruskan umpan terukur Oscar, tendangan striker Kamerun itu terlalu keras untuk dihalau Muslera. Gol tersebut membuat Eto’o menjadi pemain asal benua Afrika kedua yang mencetak minimal 30 gol di Liga Champions, Drogba masih lebih unggul 12 gol.

Cimbom kesulitan menembus kotak penalti Chelsea yang dijaga dengan sangat ketat, Drogba sempat melepaskan tendangan salto namun tak mengancam gawang Cech. Di menit ke-22 giliran gelandang senior Chelsea, Frank Lampard yang hanya mampu membuat bola melambung di atas mistar Muslera setelah kombinasi umpan antara Oscar dan Hazard.

Dua menit kemudian Hazard menempatkan bola ke arah gawang dengan tendangan lengkung namun sebatas penyelamatan rutin oleh Muslera. Lini tengah Chelsea yang tampil enerjik terbukti menyulitkan pasukan Roberto Mancini, mereka cepat merebut bola bila kehilangan penguasaan bola. Memasuki menit 33, free kick Lampard masuk ke dalam kotak penalti Galatasaray, ada Terry di sana namun peluangnya masih membuat bola melayang di atas mistar.

Tendangan ambisius Drogba dua menit kemudian tak menemui sasaran lalu tusukan Hazard dari sayap kiri diterima Eto’o dalam kotak penalti yang kemudian menempatkan bola ke arah Willian yang masuk dari lini kedua, lemah tendangan Willian. Tiga menit jelang turun minum bek tim nasional Inggris Gary Cahill sukses menggandakan skor. Tendangan penjuru yang dieksekusi Lampard disundul dengan keras oleh Terry, bola berhasil dihalau Muslera namun hanya sebatas rebound yang dilesakkan oleh Cahill di muka gawang. Babak pertama usai dengan skor 2-0 untuk Chelsea.

Memasuki babak kedua, Galatasaray makin terbawa tempo yang dimainkan Chelsea. Terhitung beberapa kali pemain-pemain Chelsea mengukir peluang untuk menambah keunggulan, Oscar, Eto’o dan Lampard sempat mengancam gawang Muslera namun tak terjadi gol ketiga bagi tuan rumah. Segala upaya dilakukan Mancini untuk membuat pasukannya lebih garang di babak kedua melalui tiga pergantian pemain, namun hasilnya tetap saja Galatasaray tak mampu menembus ketatnya pertahanan Chelsea.

Enam menit menuju menit 90, peluang Hazard setelah membuka ruang tembak di dalam kotak penalti diamankan Muslera dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Galatasaray harus berterima kasih pada Muslera yang sangat sibuk sepanjang pertandingan. Menit 88 Hazard memberikan umpan manis kepada Torres yang masuk menggantikan Eto’o dua menit sebelumnya, namun sekali lagi Muslera berhasil melakukan penyelamatan.

Sampai wasit asal Jerman Felix Brych meniupkan peluit panjang, skor 2-0 untuk Chelsea tak berubah. Chelsea pun mengamankan tiket perempat final dengan agregat 3-1. (bobotoh.co.id/bola.net/ayc)

Komentar

Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.