Ingin Juara, Persib Harus Pupuk Kebersamaan

persib-tim-jatnika_f71a157

Jika Bandung ingin meraih gelar juara musim ini, kebersamaan di luar lapangan harus terus dipupuk. Kalimat itu meluncur dari mulut eks pemain , Max Timisela. Baginya, bukan hanya teknik dan strategi di atas lapangan yang menjadi syarat berburu gelar juara.

“Sulit kalau para pemain hanya berkumpul di lapangan saat latihan dan menjelang pertandingan,” kata Maxi, panggilannya.

Menurutnya, penggawa-penggawa perlu lebih banyak waktu di luar lapangan sehingga bisa memahami karakter satu dengan yang lain, termasuk karakter permainan. Dia tak bosan berbagi pengalaman ketika masih membela tim yang bermarkas di Kota Bandung ini. Ia mengaku rajin berkunjung dari kamar ke kamar di mes untuk berbagi dengan rekan satu timnya.

“Dulu, jadinya teman-teman tahu tipe permainan saya. Cukup kasih bola jauh karena lari saya cepat,” ujar Max.

Jadi, ucapnya, tidak cukup melalui latihan untuk mengenal tipe permainan rekan satu tim. Mantan pemain yang sempat ditaksir klub asal Jerman, Werder Bremen, itu mengganggap kebersamaan pemain Persib pun berkurang seiring waktu.

“Dulu, saya dan teman-teman tidur di mes selama dua minggu menjelang pertandingan,” kata dia.

Maxi paham situasi saat ini berbeda dengan zamannya karena jadwal laga jauh lebih padat. Namun, menurut dia, para pemain Persib masih punya waktu untuk menikmati kebersamaan di mes.

“Harus ada waktu untuk semua menginap di mes, termasuk pemain asing. Sama-sama menikmati makanan di mes. Kalau enggak, kapan pemain (lokal) ngobrol dengan mereka (pemain asing),” kata pria kelahiran 7 Juni 1944 itu.

Selain itu, ia pun menyarankan agar tiap pemain berlatih sendiri di luar jam latihan bersama. “Saya melihat, pemain sekarang kurang latihan di luar jam latihan. Itu bukan untuk orang lain tetapi bagi pemain itu sendiri. Saya paling sulit kaki kiri tapi bisa karena latihan sendiri,” ujarnya. (bobotoh.co.id/tribunnews.com/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.