Ngantos Solusi Relokasi SD Andir Kakeueum Deui

banjir-sd

Meski kerap terendam banjir, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bandung belum berencana merelokasi SDN Andir 1 Kelurahan/Kecamatan . Sulitnya memperoleh tempat relokasi yang aman dari banjir menjadi alasan.

“Relokasi sekolah itu tidak sederhana. Seperti sulitnya mendapatkan lahan pengganti yang dekat, ini menjadi pertimbangan,” kata Kepala Disdikbud Kabupaten Bandung, Agus Firman, Senin (17/3/2014). Menurut Agus, jika relokasi dilakukan ke tempat yang jauh dari lokasi semula, hal itu akan memberatkan siswa dan orangtua. “Kasihan siswanya nanti kejauhan dan akan menambah biaya harian,” katanya.

Agus mengatakan, pada saat banjir, untuk sementara waktu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) SD Andir dipindahkan ke wilayah SD transit. “KBM dilakukan di sana, di Gedung Kwarcab dekat UPTD SKB.” pihaknya sedang memikirkan solusi yang rasional untuk SD Andir. “Sebetulnya, tidak mudah membuat kebijakan yang tidak berdampak. Kami ingin memberikan yang terbaik.”
Dia menambahkan, Kabupaten Bandung menjadi salah satu dari 8 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapat hibah bantuan SD shelter dengan pagu anggaran Rp1,5 Miliar untuk daerah rawan bencana. “SD yang berada di wilayah banjir harus ditinggikan,” jelasnya meski mengakui hal itu belum menjawab permasalahan. Menurutnya, anggaran untuk SD shelter ini berasal dari anggaran pusat dan digunakan untuk dua lantai. “Dua lantai itu menjadi multi fungsi. Situasi aman menjadi tempat pembelajaran dan saat banjir bisa menjadi tempat mengungsi,” ujarnya.

sejak seminggu terakhir, puluhan siswa SDN Andir 1 Baleendah terpaksa belajar di Gedung Kwarcab Pramuka, Kabupaten Bandung. Hal ini terjadi karena lokasi sekolah tergenang banjir sehingga tidak bisa dipakai untuk melaksanakan KBM. “Sudah tiga kali kami pindah tempat untuk belajar. Terakhir kami belajar di gedung Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung,” ujar Kepala SDN Andir 1 Baleendah Ade Abiansyah kepada wartawan beberapa waktu lalu. (.co.id/inilahkoran/ar)

Komentar

Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.