Ngurangan Risiko Bencana Di Jabar. Bobotoh Bisa!

bencana-sukabumi

Berdasarkan Indeks Rawan Bencana Inndonesia yang dikeluarkan oleh PNPB tahun 2011 Jawa Barat menempati peringkat ke-2 sebagai provinsi dengan tingkat kerawanan yang tinggi. Salah satu faktornya adalah banyaknya ancaman yang ada di Jabar seperti gunung api, gerakan tanah, banjir, longsor, kekeringan, gempa bumi, tsunami serta angin puting beliung.

Tingkat kerawanan yang tinggi ini juga disebabkan oleh faktor populasi. Sebagai provinsi yang memiliki populasi paling tinggi di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Jabar dengan 44 juta penduduk ini pantas menduduki peringkat ke-3 sebagai provinsi dengan kerawanan bencana yang tinggi di Indonesia. Faktor lain adalah ketahanan Jawa Barat. Apakah Prov. Jabar mampu mengurangi risiko jika bencana terjadi? Dengan banyaknya penduduk, dengan rawannya lingkungan di provinsi ini, apakah Jawa Barat mampu menurunkan peringkatnya?

96,4 FM telah dan tengah mengakomodasi komunikasi Forum (PRB) Jawa Barat. Rabu 12 Maret lalu Representatif Forum PRB Asor dan Ganda, hadir di studio dan menyelenggarakan sosialisasi keberadaan Forum PRB.

Selama Maret-April 2014 setiap Rabu pukul 17.00 sampai dengan 18.30 di 96,4 akan dilaksanakan sosialisasi berbagai aspek pengurangan risiko Bencana di Jawa Barat. Dalam pelaksanaannya, 96,4 mengundang berbagai pihak baik individu maupun komunitas serta kelembagaan pemerintah maupun swasta.  (bobotoh.co.id/ar).

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.