REFRAKSI OPTISI (RO) DI STIKES DHARMA HUSADA BANDUNG

mundayat

Refraksi Optisi adalah salah satu profesi di bidang optical, atau bahasa sederhananya adalah perawat mata. Profesi ini memang terdengar baru,  padahal sejak tahun 80-an sudah ada di Indonesia hanya saja belum tersosialisasikan dengan baik. Demikian  Kabag. Kemahasiswaan Stikes Dharma Husada Bandung Ahmad Mundayat.

Di Indonesia sendiri sampai saat ini hanya ada 10 institusi yang ada jurusan refraksi optisinya dan ini sangat jauh dari kebutuhan. Bisa dikatakan sampai saat ini kita hanya mampu memenuhi 1-5% saja dari kebutuhan tenaga RO di seluruh Indonesia, jadi peluang kerja bagi lulusan RO ini sesungguhnya sangat terbuka lebar, karena permintaan memang banyak.

Stikes Dharma Husada Bandung sebagai satu-satunya institusi di Jawa Barat yang memiliki jurusan Refraksi Optisi, sudah bekerjasama dengan salah satu Gerai Kacamata terkemuka dan terbesar di Indonesia yaitu Optik Melawai untuk menyerap para lulusannya, namun itu pun masih jauh dari kebutuhan yang ada. jadi menurut Ahmad para lulusan Refraksi Optisi dijamin bisa langsung dapat kerja.

Di Bandung sendiri, Stikes DHB sudah menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Mata Cicendo karena mereka juga masih sangat membutuhkan tenaga-tenaga perawat khusus mata ini.

Ahmad mengatakan, para lulusan Stikes DHB dijamin bisa langsung bekerja baik di sektor swasta maupun pemerintah karena demand/permintaan dari tenaga RO ini masih sangat besar.

Bahkan untuk para lulusan yang ingin berdikari, mereka bisa membuka toko kacamata/optik sendiri, karena sebenarnya untuk membuka toko kacamata salah satu syaratnya harus memiliki ‘sertifikat’ Refraksi Optisi, tidak bisa sembarangan. Sama seperti orang yang ingin punya apotik harus punya apoteker.

Ahmad menambahkan,  masyarakat mestinya tidak perlu ragu2 lagi untuk memilih jurusan Refraksi Optisi ini karena peluang kerjanya sangatlah besar. Dan satu-satunya di jawa Barat yang ada jurusan Refraksi Optisi hanya di Stikes Dharma Husada Bandung. (.co.id/ah/ar)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.