Ridwan Kamil: Olahraga Bukan Hanya Urusan Fanatisme

RK

Wali Kota Bandung, , mendukung wacana perdamaian suporter klub sepak bola , Viking, dan suporter Persija Jakarta, Jakmania, yang selama ini kerap bertikai. Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, semangat sepak bola bukan hanya sekadar fanatisme dalam mendukung klub masing-masing. “Olahraga itu mendidik sportivitas. Kalau olahraga nilai-nilai filosofinya tidak dipahami penggemar olah raga, maka ada yang salah,” kata Emil di Balai Kota Bandung, Rabu (5/3/2014).

Kalau masih ada yang belum mau berdamai, lanjutnya, maka ada yang perlu diubah dari sisi pola pikir. “Kenapa harus tidak damai kalau ada peluang damai,” tegasnya.

Emil berharap, wacana perdamaian Viking dan Jakmania itu bisa segera terwujud agar tidak ada lagi korban jiwa ataupun korban materi dari pertikaian kedua suporter tersebut. Selain itu, Emil menilai permusuhan Viking dan Jakmania lebih banyak menimbulkan kerugian baik untuk organisasi suporter maupun untuk klub yang didukungnya.

Pasalnya, ketika kedua suporter tersebut bentrok atau melakukan provokasi, klub yang mereka dukung yang akan menerima sanksi. “Berdamailah, saya imbau untuk Bobotoh agar tidak memperpanjang pemusuhan yang tidak perlu karena pada dasarnya olahraga ini untuk perdamaian,” ucapnya.

“Olahraga bukan hanya urusan fanatisme bukan hanya urusan berkeringat tapi ada nilai sportivitas, ada nilai kompetisi. Kalau kalah harus legowo kalau menang tidak mengejek.” (bobotoh.co.id/bola.kompas.com/ar)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.