Royalti Tidak Sepadan, Fotografer Wallpaper Windows XP Kecewa

KF Kompas

Sebentar lagi Microsoft akan menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi Windows XP. Pengguna sistem operasi Microsoft Windows XP pasti familiar dengan wallpaper standar yang mempunyai nama “Bliss”. Foto tersebut diambil oleh Charles O’Rear saat berkendara dari wilayah Napa ke Sonoma di California, Amerika Serikat, tahun 1996.

Namun, O’Rear ternyata kecewa. Pasalnya, foto pemandangan yang ia abadikan tadi dibeli oleh Microsoft, 13 tahun yang lalu, dengan kesepakatan sekali bayar, alih-alih menarik lisensi.

“Andai saya tahu kalau foto tersebut akan populer, dan tahu jumlah komputer yang menggunakannya, pasti saya akan negosiasi tentang persetujuannya (yang lebih baik),” ujar O’Rear seperti dikutip Sydney Morning Herald, Rabu (26/3/2014).

“Kesepakatannya bukan berdasar royalti, melainkan hanya seperti ‘ini bayaran untuk foto kamu, terima kasih dan kami akan memasangnya di komputer’,” demikian cerita O’Rear. Video wawancara dengan O’Rear bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Kekecewaan O’Rear memang bisa dimaklumi karena, menurut perhitungan ahli teknologi, wallpaper Windows XP tersebut hingga saat ini telah dilihat oleh lebih dari 1 miliar kali. Jika Windows XP sampai terjual 1 miliar kopi, dan Microsoft membayar O’Rear satu persennya saja, maka pendapatan O’Rear akan mencapai 10 juta dollar AS. (bobotoh.co.id/kompas-KF/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.