Haji Umuh Apresiasi Upaya Islah

Umuh-islah

Manajer Umuh Muchtar mengapresiasi rencana islah antara dengan pendukung Persija, The Jakmania. Menurut rencana, islah yang digagas Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan bekerja sama dengan kepolisian DKI Jakarta ini, akan mempertemukan kedua kelompok suporter di daerah Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (11/4).

Umuh berharap, selain adanya niat baik dari Kapolda Jawa Barat, islah damai juga bisa didukung banyak pihak lainnya. Selain dari kubu tim Persib, tentunya dari jajaran klub berjuluk Macan Kemayoran itu juga harus ada kerja sama yang baik. “Saya mengharapkan perdamaian yang digagas Kapolda Jabar dan juga mungkin sama Polda DKI, tolonglah hormati dan semua bisa mendukung. Karena kalau ini bisa berjalan bagus ke depannya tidak akan banyak kendala,” harap Umuh Rabu (9/4).

Umuh berpendapat, jika perdamaian ini berjalan lancar, akan menjadi nilai positif bagi tim Persib. Bahkan, bisa mengurangi setiap resiko yang memicu tim mendapatkan hukuman dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Umuh menjelaskan, apabila tidak adanya perdamaian di antara kedua kubu bobotoh atau Viking dengan The Jakmania, dikhawatirkan akan lebih memperpanjang daftar kerugian, baik itu bagi kedua tim maupun suporter. Sebagai gambaran kecilnya, dia menjadikan sulitnya mendapat izin pertandingan adalah salah satu contohnya.

“Mungkin hukuman tidak akan terlalau diberatkan, tapi kalau masih bermusuhan yang korban bukan hanya Persib juga, tapi bobotohnya juga. Terus nanti kalau tidak dikasih izin mungkin juga akan merugikan semuanya,” terangnya.
Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Persib tidak bisa menggelar pertandingan menjamu Persija Jakarta, lantaran tidak ke luarnya rekomendasi perizinan dari pihak kepolisian. Sebagai imbasnya, Maung Bandung juga terkena sanksi dari Komisi Disiplin PSSI sebesar Rp150 juta. (bobotoh.co.id/inilahkoran/ar)

Berkaca dari pengalaman tersebut, Umuh tidak ingin kejadian serupa kembali terlulang. Menurutnya, persoalan itu harus menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak sehingga bisa menyelenggarakan pertandingan sesuai jadwal yang ditentukan. Lebih lanjut, Umuh menghimbau, jangan sampai perseteruan antar suporter ini malah menjadi batu sandungan bagi perjalanan Persib di kompetisi. Menurutnya, saat ini pasukan Maung Bandung selalu berjuang keras di atas lapangan, jadi harus didukung juga dengan faktor lainnya, termasuk bobotoh.

“Tapi kalau seperti ini kita agak berat, kalau terus-terusan ada masalah. Meski kita sudah main bagus kalau ada kendala ya susah. Saya juga sama mengharapkan kalau pertandingan ada bobotoh, karena mereka amunisi tenaga tambahan buat Persib.” (bobotoh.co.id/inilahkoran/ar)

Komentar

Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.