Internet Dunia Makin Kencang, Indonesia?

 

internet-kencang

Kecepatan rata-rata internet dunia semakin cepat. Hingga akhir tahun 2013 lalu, kecepatan rata-rata internet di seluruh dunia telah mencapai 3,8 Mbps, dibanding pada akhir tahun 2012 yang mencapai 2,9 Mbps. Fakta ini diungkap oleh Akamai Technologies, Inc dalam laporan tahunannya. Laporan tersebut berisi tentang statistik global tentang konektivitas jaringan dan kecepatan koneksi, serangan dalam lalu-lintas internet, tren broadband, dan adopsi IPv6.

Dalam hal koneksi internet global, Akamai mencatat pertumbuhan kecepatan internet hingga kuartal empat 2013 naik sebesar 5,5 persen, atau mencapai 3,8 Mbps dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 2,9 Mbps. Korea Selatan menempati peringkat pertama sebagai negara dengan kecepatan internet rata-rata tercepat, yaitu 21,9 Mbps. Bersama dengan Irlandia, Korea Selatan juga mencatat pertumbuhan kecepatan internet dari tahun ke tahun tertinggi, lebih dari 50 persen.

Bagaimana dengan Indonesia? kecepatan akses internet rata-rata di Tanah Air telah meningkat sebesar 0,1 Mbps dari kuartal sebelumnya menjadi 1,6 Mbps pada kuartal IV 2013. Meski demikian, angka tersebut masih jauh di bawah dan tidak sampai setengah dari rata-rata global.

“Kita telah sampai pada masa yang signifikan dalam hal peningkatan kecepatan rata-rata koneksi internet,” ujar David Belson, editor dalam laporan Akamai, seperti dikutip dari PC Mag, Rabu (23/4/2014).

“Kenyataan bahwa kecepatan rata-rata internet di di kesepuluh negara teratas telah melampaui batas atas koneksi broadband menunjukkan bahwa kemajuan penetrasi broadband sangat pesat,” imbuhnya.

Secara keseluruhan, dari 133 negara yang disurvei oleh Akamai hingga akhir tahun 2013, kecepatan internetnya naik dari tahun sebelumnya, kontribusi peningkatan totalnya mencapai 27 persen dibanding akhir tahun 2012. Sebelumnya pada Januari 2013, Akamai melaporkan bahwa koneksi internet seluruh dunia mengalami penurunan sebesar 5,2 persen, atau 17,9 Mbps. Namun di kuartal empat 2013, kecepatan itu kembali pulih menjadi 23,2 Mbps, atau naik 30 persen.

“Tren seperti ini akan terus terjadi hingga tahun depan,” ujar Belson.

Namun, Akamai juga memperingatkan pengguna internet bahwa seiring dengan meningkatnya kecepatan broadband, serangan DDoS juga memiliki tren meningkat sebesar 23 persen. Total serangan DDoS dalam kurun waktu 2013 mencapai 1.153 serangan. (bobotoh.co.id/kompas/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.