Istilah Sapédah Boa Tina Velocéped Yeuh

 

velocepede1

Setelah pengembangan sepeda oleh di tahun 1860, mulai dipekenalkan pula sepeda dengan roda berjari-jari dan berlapis karet. Di Prancis Pierre dan Ernest mengenalkan system engkol dan pedal untuk roda depan. Mereka menyebut tipe sepeda ini dengan nama velocipéde. Boleh jadi, dari nama ini pula asalnya istilah sepeda di Indonesia. Perkembangan ini memunculkan juga evolusi sepeda “ordinary” atau yang saat itu di inggris dikenal dengan sebutan Penny-Farthing di tahun 1870.

Jenis sepeda ini sangat unik karena memiliki perbandingan berbeda antara diameter roda depan dan roda belakang. Dua dekade berikut hingga tahun 1890 diperkenalkan sepeda dengan roda berjari-jari, pedal, rantai dan ukuran perbandingan diameter roda depan dan belakang yang sama.

Baru di tahun 1895 tercipta kerangka sepeda berbentuk diamond yang kemudian menjadi kerangka standar hingga saat ini. Selain itu, roda sepeda pun berkembang dengan adanya ban sepeda pheunematic berpentil yang dikembangkan J.B. Dunlop.

Sejak itu perkembangan sepeda hingga sekarang mulai menjurus ke fungsi-fungsi khusus seperti untuk sport, extreme, sepeda gunung, dan lain-lain. .co.id/ar

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.