Jabar Pusat Rehabilitasi Narkoba

jabar-narkoba

Jawa Barat menjadi provinsi dengan tempat rehabilitasi pecandu narkoba terbanyak dibanding provinsi lain. Namun, masih sedikit pecandu yang mau diobati. Kepala Badan Narkotika Nasional () Provinsi Jabar, Brigjen Pol Anang Pratanto mengatakan, tempat rehabilitasi di Jabar lebih dari 50 unit. Pusat rehabilitasi tersebut dimiliki pemerintah maupun komponen masyarakat.

“Ada Rumah Sakit, Puskesmas, maupun tempat rehabilitasi yang didirikan masyarakat seperti Abah Anom yang punya 6 Inaba,” ujarnya di Gedung Sate, Senin (7/4/2014). Dia menjelaskan, pusat rehabilitasi tersebut sebagian besar berada di Bandung dan Bogor. Sebagai gambaran, RS Jiwa di Lembang, Kabupaten Bandung Barat menampung hingga 200 orang pecandu narkoba.

Namun, lokasi tempat rehab ini terbilang belum merata. Idealnya, setiap kabupaten/kota punya tempat rehabilitasi. Menurutnya, optimalisasi tempat rehabilitasi ini sejalan dengan program BNN 2014 yakni penyelamatan pencandu narkoba. Jabar sendiri sudah lama melakukan penyelamatan kepada para pencandu.

Karena itu, masyarakat diminta peduli terhadap pengguna narkoba dengan cara wajib lapor kepada lembaga terkait atau Institusi Penerimaan Wajib Lapor (IPWL) untuk mendapatkan pengobatan atau terapi. “Setelah lapor maka pencandu narkoba akan direhabilitasi.”  (.co.id/inilahkoran/ar)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.