Orang Pertama Didengda Lantaran Nabrak Budak Make Sapédah

hobby horse

tercatat sebagai orang pertama di dunia yang dihukum denda karena menabrak seorang anak kecil dengan sepeda di Glasgow tahun 1842. Maklum, dia adalah orang yang juga pertama mengembangkan sepeda dengan kayuhan pedal, meskipun masih belum menggunakan rantai.

Sebelumnya kendaraan yang kini disebut sepeda itu diperkenalkan oleh di Prancis tahun 1791 yang kemudian disebut  . Kendaraan ini berbentuk kuda-kudaan dari kayu dan melaju tanpa pedal, tapi dengan cara kaki penungganya menojér tanah. Mengendarainya memang rada ripuh, karena kendaraan ini tidak memiliki sistem stir untuk berbelok.

Baru oleh Baron von Drais de Sauerbrun di tahun 1818 menginovasinya dengan sistem stang bisa dibelokkan. Karena bentuknya seperti kuda, kendaraan ini pun dikenal dengan sebutan “hobby horse”. Desain ini terkenal dan bertahan sampai 20 tahun berikutnya.

Dan Kirkpatric Macmillan inilah yang menginspirasi inovasi sepeda dengan kayuhan pedal. Kirkpatrick adalah seorang pandai besi dari Skotlandia. Desain kendaraan yang lebih cepat dari jalan kaki ini pun bertahan sampai tahun 1860. (bersambung) .co.id/Marshal Cavendish/squarespace/ar

Ikuti terus: Bobotoh Partai Sapédah di 96,4 Bobotoh FM.

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.