Pemilu dan Binatang..

logo-parpol

Sudah lewat dua minggu bangsa Indonesia diosol-osol kompanyeu parpol peserta . Aya ku seru. Gaya jeung carana méh teu béda jeung baheula-baheula. Belon keliatan adanya gaya kompanyeu yang kreatif, menarik minat untuk mencoblos partai atau caleg yang diuwar-uwarnya. Ada juga yang unik, kompanyeu dengan menggunakan simbol binatang untuk menegaskan jati diri parpol atau individu.

Ada yang memilih banteng sebagai lambing partainya. Ada juga yang menggunakan simbol burung. Entah garuda, entah elang. Tapi katanya sih garuda.

Seorang pentolan suatu partai bilang, “Ini negara singa, tapi kenapa dipimpin oleh kambing?” Sindir sampir, biasa. Yang jadi bikin kita senyum,  boleh jadi itu yang ngomong kepingin jadi raja singa. Tambah senyum lagi, partai itu justru berlogo garuda. Maunya membangun negara ini jadi “Macan Asia”. Jadi rada béngkok, katanya “macan” tapi visualnya “harimau” alias “maung”. Sebagai pelengkap senyum, mereka kompanyeu dengan naik kuda…

Di sisi lain ada yang diuwar-uwar untuk dicalonkan jadi presiden. Tubuhnya kurus, kerempeng. Dia disebut “teri”yang lepas di samudra dan harus berhadapan dengan para hiu dan paus.

Ada lagi partai yang sebetulnya tidak membawa-bawa binatang dalam kampanyenya. Tapi parpol ini ingin adanya “perubahan”. Nah, ini dia. Karena ingin perubahan, makanya ngajak merubah. Yang jadi alpa, penggunaan kata merubah itu. Kata yang tepat adalah mengubah, karena kata dasarnya “ubah”. Kalau merubah, kata dasarnya ya rubah. Rubah itu sejenis anjing hutan, alias ajag.

Siap-siap saja. Gunakan hak pilih kita dengan sebaik-baiknya tanggal 9 April nanti. Jangan sampai memilih “kucing dalam karung.”  Binatang lagi tuh (.co.id).

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

2 thoughts on “Pemilu dan Binatang..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.