PERSIBOLA: Indonesia di World Cup 1938

 

indonesia-1938

Piala Dunia 2014 tinggal menunggu waktu. Kali ini benua Asia diwakili oleh Jepang, Korea Selatan dan Australia. Tapi, tahukan Negara Asia pertama yang tampil di babak final sejak Piala Dunia diselenggarakan 1938? Tiada lain teu aya sanés: Indonesia!

Indonesia pada tahun 1938 – di masa penjajahan Belanda–  sempat lolos dan ikut bertanding di Piala Dunia 1938. Waktu itu Tim Indonesia tamppil dgn nama nama Dutch East Indies (Hindia Belanda), Inilah peserta dari Asia yang pertama kali lolos ke Piala Dunia.

Pengiriman kesebelasan Nederlandsche East Indies sempat menjadi masalah. Pasalnya,  (Nederlandsche Indische Voetbal Unie) atau organisasi sepak bola Belanda di Indonesia bersitegang dengan PSSI yang sudah berdiri sejak April 1930. PSSI yang saat itu masih dipimpin pendirinya, Ir. Soeratin, ingin agar pemain PSSI yang dikirimkan ke Perancis.

Namun, akhirnya yang dikirimkan adalah kesebelasan berbendera NIVU, karena PSSI belum diakui FIFA. Pemain-pemainnya pun bukan pemain PSSI, tapi mereka yang bekerja di perusahaan-perusahaan Belanda. Sayang langkah kesebelasan Hindia Belanda hanya sampai di babak penyisihan, karena dipertandingan pertama dikalahkan oleh Hungaria dengan skor 0-6.

Skuad Timnas Indonesia (Hindia Belanda) di  :

Bing Mo Heng (kiper), Herman Zommers, Franz Meeng, Isaac Pattiwael, Frans Pede Hukom, Hans Taihattu, Pan Hong Tjien, Jack Sammuels, Suwarte Soedermadji, Anwar Sutan, dan Achmad Nawir (kapten). Pelatih : Johannes Van Mastenbroek.

Grup kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 1938 hanya terdiri dari 2 negara, Indonesia (Hindia Belanda) dan Jepang.  Namun, Indonesia akhirnya lolos ke final Piala Dunia 1938 tanpa harus menyepak bola setelah Jepang mundur dari babak kualifikasi karena sedang berperang dengan Cina.  Pada waktu itu tim ini menggunakan seragam berwarna oranye dan bercelana putih seperti warna seragam yang dipakai kesebelasan Belanda. (.co.id/indonesia-football-histories/ah/ar) 

insert: 96,4 . http://www.youtube.com/watch?v=QKmHW5ZG-Z0#t=23

Komentar

Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.