Dari Kultwit @ekomaung. Hallow, Bobotoh Ngora :)

bobotoh-laga-sfc

Sakedap-sakedap, tampaknya ada sedikit kekeliruan sejarah terutama di kalangan 2 muda, bisa jadi ini karena baca media-media yang gak ngaco. Harap dipahami juga ga semua yang jadi wartawan PERSIB, utamanya koran itu suka PERSIB loh. Bisa jadi emang dia kebagian tugas aja dari atasan.

Kekeliruan pertama adalah, saya masih baca ada yang menulis: “Saat PERSIB bertandang ke GBK di era perserikatan”, padahal kandangnya stadion Menteng. Yang kedua, saya baca “kedua suporter berseteru sejak jaman perserikatan.” Hallooo, sesat pisan, mereka deklarasi 1997, deklarasi loh, belum banyak.

Sedangkan perserikatan pun brakhir tahun 93-94-an. Jadi berseteru apanya? Jangan lupakan juga Viking tahun 1993, tp berpuluh tahun sebelumnya bobotoh sudah ada. Lalu ada juga wartawan seakan sudah bener, menulis kandang Persija di awal liga adalah Lebak Bulus. Padahal Lebak Bulus adalah kandang Pelita Jaya.

Maka kalo ada koran masih nulis-nulis  kaya gitu, cek wartawannya. Jangan-jangan wartawan magang yang malah berpotensi menyesatkan sejarah bobotoh-bobotoh generasi muda.

Jadi memang hanya ada 4 kota (menurut sy), yang kultur sepakbolanya mengakar, suporternya menembus 3 generasi. Lah ini 1997,1 generasi aja belum. Keempat kota itu: Medan, Surabaya, Makasar, dan Bandung tentunya. Mereka ada puluhan tahun lalu kakek, ayah, anak, hingga cucu.

Jadi janganlah yang deklarasi tahun 90-an mengklaim mengakar, tradisi dll, Jauh sebelum Viking, Bomber dll., bobotoh SUDAH ADA. Final 1986 bukti nyata!

Ciri khas suporter era 90-an ini yaitu pake embel-embel mania. Coba cek.

Suporter kemarin sore yang berisik. Ibaratnya: “Kalian belum lahir, kami sudah ngalo..-‘tuuut’

Old post–> Bobotoh…. “Hidayah” Terindah Supporter Sepakbola (http://olahraga.kompasiana.com/bola/2012/02/08/bobotoh%E2%80%A6-%E2%80%9Chidayah%E2%80%9D-terindah-supporter-sepakbola-437376.html)

I(bobotoh.id)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.