Koléksi Museum Géologi Jadi Inspirasi

museum

 Kepala Bandung SR Sinung Baskoro menuturkan koleksi museum harus dijadikan inspirasi masayarakat. Hal itu menjadi tema Peringatan HUT ke-85 .

“Kita mengusung tema ‘Museum Collection Make Inspirations’ atau koleksi musiem jadikan inspirasi. Museum Geologi memahami bahwa tema tersebut penting. Mengingat, sumber daya yang dimiliki sebuah museum, khususna koleksi merupakan sebuah elemen yang dapat menciptakan inspirasi untuk membangun hubungan luas dalam bidang kebumian, baik edukasi, informasi, inventarisasi, potensi sumber daya alam dan konservasi,” kata Sinung, si Gedung Museum Geologi, Jalan Diponegoro Kota Bandung.

Menurut dia, sebuah koleksi merupakan jiwa dari sebuah museum. Sehingga, tanpa koleksi, fungsi museum hanyalah pusat informasi. Dalam aktivitasnya, museum mengutamakan dan mementingkan penampilan koleksi yang dimilikinya.

“Pengutamaan terhadap koleksi itulah yang membedakan museum dengan lembaga lainnya. Koleksi yang disimpan dan dirawat di sebuah museum adalah benda warisan alam dan budaya yang memiliki nilai penting bagi pendidikan dan penelitian sehingga keberadannya harus dilestarikan,” ucap dia.

Dia menuturkan, museum geologi sebagai museum khusus memiliki tugas mendokemuentasikan dan mengkonservasi koleksi geologi secara umum. Contohnya, batuan/mineral dan fosil. Semetara yang terdapat di alam yang tidak mungkin dipindahkan ke museum, dapat dikonservasi ke tempat aslinya sebagai kawasan lindung atau museum alam.

“Selain memamerkan gajah blora, peringatan HUT 2014 ini disi dengan pameran tentang koleksi batu mulia (gemstone) yang unik dan langka. Batu tersebut diracik dengan sentuhan seni dan gaya penyajian yang berbeda dan diberi nama ‘art rock’ oleh pematung Rudi Crystal. Seni merupakan bagian dari metode penyajian koleksi dalam suatu pameran yang memberikan nuansa baru,” jelas dia.

Tak hanya itu, dalam rangkaian kegiatan dipamerkan juga kreasi batik dengan nuansa geologi yakni ‘Geobatik’ yang menampilkan gambaran tekstur sayatan mineral, batuan, dan fosil di atas kain. Edukasi bagi masyarakat dilakukan berupa kuliah umum yang diselenggarakan di auditorium Musemum Geologi.

“Berbagai kegiatan ini diharapkan mampu menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya nilai koleksi museum yang merupakan warisan alam dan budaya yang harus dijaga kelestariannya,” tutur dia.

Lebih jauh Sinung berharap koleksi museum mampu menjadikan inspirasi pengayaan intelektual bagi masyarakat sekaligus menciptakan kreasi-kreasi baru yang bermanfaat. Museum Geologi sendiri akan terus berkiprah dalam memasyarakatkan geologi untuk mewujudkan visi Badan Geologi KESDM, yakni geologi untuk perlindungan kesejahteraan masyarakat.

“Kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan pameran dan berbagai kegiatan dalam rangka Hari Jadi Museum Geologi 2014, kami mengucapkan banyak terima kasih.” (.id/inilahkoran/ar)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.