Mahasiswa Asing Didata. Buntut Anu Kamari Sigana

 

data-mhsasingdari terjadinya tindak kejahatan pemerkosaan mahasiswa asing di Jatinangor, Pemkab Sumedang akan mendata mahasiswa asing.

Pendataan dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bekerjasama dengan semua lembaga terkait termasuk universitas atau sekolah tinggi atau lembaga nonformal seperti organisasi kumpulan mahasiswa asing dan lain sebagainya.

“Kami akan melakukan pendataan mahasiswa asing yang kuliah di Jatinangor. Karena akan sangat berguna nanti, selain tentunya sebagai tindak lanjut dari terjadinya tindak kejahatan terhadap salah satu mahasiswa asing di Jatinangior,” ujar Bupati Sumedang Ade Irawan, Rabu (21/5/2014).

Sebelum pendataan dilakukan, pemkab terlebih dahulu sosialisasi terkait masalah kependudukan dan keimigrasian kepada para mahasiswa asing tersebut. Sosialisasi dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada mahasiswa asing mengenai masalah kependudukan dan keimigrasian sehingga mereka mengetahuinya secara jelas.

“Sosialisasi ini hasil kerja sama Disdukcapil dan kepolisian,” ujar Ade.

Dengan pendataan yang dilakukan, diharapkan akan diperoleh data secara jelas berapa mahasiswa asing yang ada di Sumedang. Selain untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan seperti peredaran narkotika dan praktek prostitusi.

Ade menegaskan, upaya ini dilakukan karena pemkab ingin menunjukkan kepada warga asing bahwa Kota Sumedang cukup aman dan kondusif serta sangat layak untuk tempat menimba ilmu pengetahuan. Karenanya, dia tidak ingin ada pihak yang mempersulit orang asing di kota ini.

Sementara itu, Camat Jatinangor Asep Aan dahlan mengatakan, keberadaan mahasiswa asing dan luar kota sudah terdaftar sebagai penduduk musiman. Mereka mempunyai Kartu Identitas Penduduk Musiman (Kipem). Namun, pembuatan Kipem semakin menurun. Rata-rata pertahunnya hanya ada pencatatan 200-an Kipem, padahal ada 10.000 orang penduduk musiman yag menetap di Jatinangor. (.id/inilahkoran/ar)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.