Nikah Massal. Hursééé..éh!

nikahmassal

Puluhan pasangan di Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Kamis (22/5) mengikuti akad nikah massal yang digelar Pemda Subang di aula Tambaksari Kasomalang, Kabupaten Subang.

Pernikahan massal ini menjadi istimewa karena dihadiri para ulama, Anggota DPRD Subang dan Bupati Bupati Subang, Ojang Sohandi.

Menurut Camat Kasomalang, Endang, nikah yang diikuti 30 pasangan suami istri (pasutri) dari keluarga tidak mampu ini untuk memberi kemudahan mendapatkan akta nikah. Kepemilikan akta nikah ini sebagai salah satu syarat untuk memperoleh dokumen kependudukan, seperti kartu keluarga, KTP dan akta kelahiran anak.

“Kegiatan nikah massal ini guna membantu warga yang tak mampuh, dalam acara milangkala Kecamatan, Kasomalang ke 6 tahun,” ujarnya.

Bupati Subang, Ojang Sohandi menuturkan di Kabupaten Subang, pasangan yang sudah nikah tapi belum memiliki buku nikah atau belum melakukan pencatatan nikah masih tinggi. “Hal itu bisa saya lihat dalam acara nikah massal yang responnya masih tinggi,” paparnya.

Padahal buku catatan nikah sangat penting. Pemda Subang akan memberikan subsidi biaya pencatatan nikah untuk yang tidak mampu. “Kalau menggratiskan itu tak bisa, namun kita akan berikan subsidi, berapa nominal anggaranya saat ini tengah kita hitung,” pungkasnya.

Sementara itu, Rahmat yang mengikuti nikah massal mengaku program itu sangat membantu. “Kalau nikah secara agama saya sudah, karena nggak ada biaya kami tak melakukan pencatatan nikah di KAU,” pungkasnya. (.id/inilahkoran/ar)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.