PERSIBOLA: INDIA TIDAK IKUT PIALA DUNIA 1950 GARA-GARA “NYÉKÉR”

nyeker

Saat Piala Dunia 1950 di Brazil, India mendapat kesempatan tampil sebagai wakil Asia. Tapi, jangan heran, mereka tidak mengambil peluang emas ini. Konon alasannya sungguh konyol, karena mereka menolak bermain memakai sepatu. Wew, benarkah?

Di kualifikasi zona Asia, India bersama 3 negara lainnya (Burma, Philipina, dan INDONESIA) harus memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia 1950. Sayangnya, tiga negara tersebut mengundurkan diri karena alasan situasi politik ekonomi. Jadilah India mendapat jatah tiket otomatis. India sebetulnya sudah ditempatkan di grup 3 bersama Swedia, Italia, dan Paraguay. Namun mereka tidak jadi ikut. Banyak media yang memberitakan, FIFA melarang India karena mereka bersikeras hanya mau memainkan bola dengan bertelanjang kaki.

Pemain-pemain India memang terbiasa menggunakan kaki telanjang alias nyeker saat bermain sepakbola, dan hal ini bukanlah hal yang aneh pada masa itu. Kebetulan di Piala Dunia 1950, FIFA sedang gencar-gencarnya mewajibkan seluruh tim untuk memakai sepatu. Pemain-pemain India dikabarkan menolak memakai sepatu, dan mereka pun gagal berkesempatan menjadi wakil Asia di ajang Piala Dunia.

Padahal pada era 1950-60, sepakbola India sedang berjaya. Timnas sepakbola India, tanpa sepatu, mampu lolos ke Olimpiade 1948 dan 1952. Di Olimpiade 1956, kali ini sudah bersepatu, mereka sukses menembus babak semifinal. Bahkan di tahun 1964, India adalah runner-up Piala Asia. (bobotoh.co.id/berbagai sumber/aldie)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.