Rusuh Di Tol, IPW Desak Kapolri Copot Kapolda Jabar

jak

Kerusuhan antar suporter sepak bola di tanah air kian memprihatinkan. Selain melakukan kontak fisik, tidak jarang aksi holigan ini merusak berbagai fasilitas umum. Terakhir kali, aksi ini terjadi dalam laga Persib melawan Persija Jakarta yang digelar di Stadion Jalan Rupat, Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Menurut Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane, aksi kerusuhan dan kekerasan yang terjadi tidak terlepas dari ketidakmampuan aparat kepolisian dalam mengamankan kedua belah kubu yang memang sudah saling bermusuhan.

“Kapolri harus segera membayar ganti rugi dan meminta maaf kepada masyarakat serta mencopot Kapolda Jawa Barat Irjen M Iriawan akibat kekacauan yang terjadi,” katanya melalui siaran pers, Kamis (8/5/2014) malam.

IPW mengklaim pernah mengingatkan Polri untuk tidak memberikan izin digelarnya pertandingan tersebut. Namun, entah kenapa, Kapolda Jabar tetap bersikukuh memberikan izin digelarnya pertandingan tersebut. “Dari kasus ini terlihat bahwa Kapolda Jabar tidak peka terhadap situasi sosial masyarakat saat ini dimana eskalasi politik kian tinggi usai pemilu dan menjelang Pilpres 2014. Pemberian ijin yang diberi Kapolda Jabar bisa diartikan sebagai upaya memicu konflik dan eskalasi politik menjelang Pilpres 2014,” ujarnya.

Jika sikap tidak peka pimpinan kepolisian dibiarkan maka, jelasnya, bukan tidak mungkin akan ada tudingan bahwa polisi sengaja melakukan cipta kondisi agar situasi menjelang Pilpres 2014 menjadi rawan dan kacau.

Dari pemantauan IPW, kekacauan akibat pertandingan sepakbola tersebut terjadi di dua lokasi, yakni di Km 66 Jalan Tol Cikampek. Sebab polisi menghadang rombongan ponton asal Jakarta yang hendak menuju Bandung.

Akibatnya, penonton marah dan memblokir jalan tol yang membuat terjadinya kemacetan parah dan kerusakan sejumlah bis akibat bentrokan polisi dengan supoter. Kekacauan kedua terjadi di Stadion Jalak Rupat.

“Karenanya, IPW mengimbau agar Kapolri segera mengevaluasi dan mencopot para Kapolda yang tidak peka dengan situasi kamtibmas di daerahnya, apalagi sebelumnya kejadian serupa pernah terjadi di Buol, Sulteng dan Yogjakarta yang membuat sejumlah orang luka.”(.id/indopos/viva/ar)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

2 thoughts on “Rusuh Di Tol, IPW Desak Kapolri Copot Kapolda Jabar

  • Jumat 09 2014, 09:17 at 09:17
    Permalink

    emang kalau the jak sama bobotoh itu tidak pernah damai
    contoh nya aja sekarang ,sudah diadakan rapat untuk perdamaian viking dengan the jak terus diadakan pertandingan persib dengan persija………setelah selesai pertandingan …di berhentikan nya bus pengangkut thejak di tol…….

    Reply
  • Jumat 09 2014, 23:43 at 23:43
    Permalink

    Maaf pak IPW itu bukan salah polda jabar..
    Polda jabar sudah melarang suporter persija datang ke bandung…
    Kenapa mereka masi ngotot datang ke bandung..
    Salahkan suporter persija.. dan ketuanya yang nekad ..
    Tks.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.