Cup Alap-alap, Ngaran Persib Geus Milik PT PBB

Viking-Persib-Club

 kudu apal, kiwari ngaran  geus dipatenkeun ka Direktorat Jenderal Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan HAM RI. Karena itu, penggunaan nama Persib sudah tidak bisa dilakukan sembarangan orang atau lembaga lain tanpa seizin dan koordinasi dengan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).

Direktur PT PBB, Risha Adi Widjaya beberapa waktu lalu menjelaskan soal pelanggaran penggunaan nama Persib tersebut. Seperti dilakukan promotor pertandingan yang mempertemukan mantan Persib dengan The Boys from Manchester, 24 Mei lalu. Seharusnya kata dia, menggunakan nama lain bukan Persib Legends. Misalnya, Bandung Legends.

Namun, sambung Risa, bila penyelenggara pertandingan amal itu melakukan koordinasi dengan PT PBB, akan lain ceritanya. Artinya, setiap bentuk pemakaian nama Persib harus berkoordinasi dan mendapat persetujuan dari PT PBB sebagai pemegang lisensi dan tidak bisa digunakan sembarang untuk setiap kepentingan.

“Kami telah mendaftarkan nama Persib ke Dirjen HAKI. Kami juga telah memiliki lisensi HAKI atas nama Persib. Garis besarnya adalah setiap pihak yang menggunakan nama Persib harus berkoordinasi terlebih dulu kepada kami sebagai pemegang lisensi HAKI,” tegas Risa seperti dilansir laman resmi Persib beberapa waktu lalu.

Manajer Persib Umuh Muchtar pun yang semula tak begitu sepakat dengan larangan pemakaian nama Persib oleh para pelaku bisnis, khususnya bobotoh, terlebih mantan pemain, kini mulai melunak. Dia menyatakan setuju dengan langkah PT PBB tersebut. Menurut Umuh, hal itu bisa menghindarkan klub berjuluk Maung Bandung ini dipakai sembarangan orang dan pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab.

“Saya sangat setuju dengan hak paten itu. Jangan bawa-bawa nama Persib untuk hal-hal lain. Apalagi untuk kepentingan politik,” tegas Umuh beberapa waktu lalu.

Namun, Umuh mengaku masih bingung dengan penggunaan nama Persib oleh mantan pemainnya. Karena itu, khusus untuk mantan pemain Persib, Umuh berpendapat harus ada pembahasan lebih lanjut agar tidak terjadi kesalah pahaman.

“Saya memang setuju. Tapi, saya bingung juga kalau mantan-mantan tidak boleh pakai nama Persib. Kita harus kaji lagi tentang ini. Soalnya, masak karena hak paten, mantan pemain tidak boleh pakai nama Persib. Tapi tetap, nama Persib tidak boleh dibawa-bawa ke dunia politik,” tegas Umuh. (bobotoh.id/inilahkoran/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.