Fuleco, Maskot Piala Dunia Brasil 2014

fuleco

Maskot  di Brasil adalah binatang jenis tolypeutes tricinctus, armadillo yang hanya terdapat di Brazil. Ia kemudian secara resmi diberi nama . Nama Fuleco terpilih melalui pengumpulan suara yang dilakukan oleh Federasi Sepak Bola Dunia FIFA dan telah diumumkan pada 25 Nopember 2012 lalu.

Fuleco berasal dari bahasa Portugal. Futubol (sepak bola) yang digabung dengan Ecologia (ekologi). Nama ini berhasil mengumpulkan 48% dukungan peserta pemilihan. Mengalahkan kedua kontestan yang masing-masing mengusulkan nama ‘Amijubi’ dan ‘Zuzeco’. Fuleco yang menggabungkan sepak bola dengan perlindungan lingkungan dijadikan konsep pemikiran dalam penyelenggaraan Final Sepak bola Piala Dunia di Brazil 2014.

Fuleco dipandang sebagai pribadi yang ceria dan menarik. Fuleco juga salah satu maskot Piala Dunia FIFA yang paling populer sepanjang masa, dengan 89% masyarakat Brasil yang sudah pernah melihat maskot tersebut dalam waktu dua hari setelah pengumuman. Karena telah menjadi bagian dari spesies yang terancam punah, dan menjadi bagian utama dalam turnamen Piala Dunia 2014, saat ini dia telah menjadi semakin populer, terutama terhadap anak-anak. Dalam sebuah poling, maskot ini mendapat skor 7.3 dari 10. Para penelitian juga telah menyimpulkan bahwa kata-kata seperti Brasilalamramah dansemangat untuk sepak bola juga terkandung di dalamnya.

800px-Fuleco.2013Binatang Armadillo digambarkan dalam bentuk kartun dengan sisik kepala berwarna biru, wajah dan anggota badan berwarna kuning. Menggunakan T-shirt putih bertuliskan Brazil 2014 dengan celana olahraga hijau, mengingatkan orang pada bendera nasional Brazil. Armadillo terlihat mirip trenggiling, adalah binatang yang hampir punah dan dilindungi oleh pemerintah Brazil. Binatang ini saat terancam akan melindungi diri dengan melipat badannya sedemikian rupa sehingga berbentuk bulat seperti bola sepak.

FIFA dalam situsnya menjelaskan bahwa Fuleco ini lahir di wilayah timur laut Brazil tepat pada 1 Januari 2000. Ia akan berusia 14 tahun saat Piala Dunia Brazil berlangsung. Ia gemar menari ‘Tarian Armadillo’ setelah mencetak gol untuk merayakan kegembiraannya. Idolanya dalam sepakbola yaitu si raja bola Pele dan Cristiano ‘alien’ Ronaldo. (.id/wikipedia/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.