Gol Bunuh Diri Paling Tenar di Piala Dunia

marcello

Bek , , baru saja mencetak rekor sebagai pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri di laga pembuka Piala Dunia, Kamis (2/6/2014). Beruntung gol Marcelo ini tidak membawa kekalahan timnya, setelah Brasil membalas dengan tiga gol ke gawang Kroasia. Buat kali pertama, gol pembuka Piala Dunia tercipta melalui gol bunuh diri. Selain itu, Marcelo juga tercatat sebagai satu-satunya pemain Brasil yang melakukan gol bunuh diri dari 98 pertandingan resmi Selecao selama Piala Dunia.

Sebelum gol bunuh diri Marcelo ini, banyak momentum gol bunuh diri lainnya yang tercipta di Piala Dunia. Yang paling fenomenal tentu saja gol bunuh diri Andres Escobar di Piala Dunia 1994, yang membuatnya tewas dibunuh. Gol bunuh diri pertama kali tercipta di Piala Dunia, terjadi di Piala Dunia 1930, Uruguay. Pemain Meksiko Manuel Rosas, mencetak gol bunuh diri saat timnya dikalahkan Cile 0-3.

Lalu ada gol bunuh diri tercepat di Piala Dunia yang terjadi di Piala Dunia 2006. Gol itu dicetak oleh pemain Paraguay Carlos Gamarra, saat bersua Inggris. Bola tendangan bebas David Beckham di menit ketiga, coba disundul oleh Gamarra tapi malah masuk ke gawang sendiri. Spanyol juga pernah masuk dalam tim yang mencetak gol bunuh diri, bahkan dicetak oleh kiper veteran Andoni Zubizarreta. Spanyol harus menyerah 2-3 dari Nigeria di Piala Dunia 1998. Salah satu gol Nigeria tercipta akibat blunder kiper Zubizarreta yang salah mengantisipasi bola silang Garba Lawal.

Legenda Jerman, Berti Vogts, menjadi pahlawan di Piala Dunia 1974 dengan mengantarkan Jerman Barat jadi juara. Tapi, di 1978 Vogts malah mencetak gol bunuh diri saat melawan Austria, yang memberikan kemenangan pertama Austria atas Jerman Barat dalam 47 tahun.

Ada dua gol bunuh diri tercipta di dalam satu pertandingan, yakni di Piala Dunia 2002 yang mempertemukan Amerika Serikat kontra Portugal. Laga dimenangkan AS dengan skor 3-2. Pemain Portugal Jorge Costa di menit ke-29, dan bek AS Jeff Agoos juga menjebol gawang sendiri di menit ke-71.

Terakhir yang paling tragis adalah Andres Escobar di Piala Dunia 1994, di mana Kolombia kalah 1-2 dari tuan rumah Amerika Serikat. Escobar yang coba memotong bola silang, malah menceploskan bola ke gawang sendiri. Setelah pulang ke Kolombia, Escobar ditemukan tewas ditembak di wilayah Medellin, Kolombia. Pembunuhan terhadap dirinya ini dikaitkan dengan gol bunuh diri yang dibuatnya. (.id/kompas/ayc)

 

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.