Kalah 5-1 Dari Belanda, Spanyol Juara Bertahan Terburuk

0000171807

Belanda mengawali pertandingan pertama Grup B dengan hasil yang fantastis setelah meraih kemenangan telak 5-1 atas juara bertahan Spanyol di Arena Fonte Nova, Sabtu (14/06). Pesta gol anak asuh Louis van Gaal ini disumbangkan oleh Robin van Persie (2 gol), Arjen Robben (2) dan Stefan de Vrij. Sedangkan Xabi Alonso memperkecil kedudukan untuk Spanyol.

Kedua tim bermain dengan tempo cepat dan intensitas yang tinggi. Jual beli serangan tersaji di awal pertandingan. Saat memasuki menit ketujuh Wesley Sneijder hampir saja membawa timnya andai sepakannya tak dimentahkan Iker Casillas.

Spanyol menampilkan permainan yang taktis. Sedangkan lawannya Belanda cenderung bermain sedikit keras. La Furia Roja mendapat hadiah penalti di menit ke-27 setelah Diego Costa dijatuhkan di kotak penalti. Xabi Alonso yang menjadi algojo tak kesulitan untuk menaklukkan Jasper Cillessen. Belanda yang tertinggal satu gol mencoba meningkatkan serangan.

0000171848Setelah beberapa kali terjebak perangkap offside, usaha mereka menyamakan kedudukan akhirnya menemui hasil di menit 44. Umpan lambung Daley Blind dari tengah lapangan langsung diselesaikan dengan cantik lewat sundulan oleh Robin Van Persie dan bola melewati Casillas. Sampai wasit menghentikan babak pertama kedua tim tak mampu lagi menambah koleksi golnya. Kedua tim sementara ini harus puas dengan hasil imbang 1-1.

Keluar dari kamar ganti Spanyol langsung mengambil inisiatif menyerang dan kendali permainan berada ditangannya. Belanda mencoba memanfaatkan situasi dengan mengandalkan serangan balik. Alhasil Tim Oranye berhasil memimpin jalannya pertandingan di menit ke-53. Blind kembali menjadi aktor utama dengan mengirim umpan ke Arjen Robben. Pemain Bayern Munich itu sempat mengecoh pemain belakang Spanyol sebelum menjaringkan bola.

Sebelas menit berselang usaha Belanda untuk menambah gol ternyata masih belum tertutup rapat. Kali ini Stefan de Vrij membawa timnya menjauh setelah memanfaatkan situasi tendangan bebas. David Silva sebenarnya sempat mencetak gol, namun wasit tidak mengesahkan gol tersebut karena sudah berada di posisi offiside. Usaha mereka memperkecil kedudukan masih gagal.

Unggul tiga gol semakin tak membuat Belanda berpuas diri. Van Persie kembali mencatatkan namanya di papan skor di menit 72 memanfaatkan blunder yang dibuat Casillas. Pesta gol pasukan Van Gaal ini rupanya masih belum berakhir. Robben membuat keunggulan menjadi lima gol. Ia seorang diri memperdaya Gerard Pique, Sergio Ramos dan akhirnya Casillas.

Akhirnya Spanyol tak mampu lagi mengatasi perlawanan Belanda di sisa waktu yang ada. Sampai wasit membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya laga skor akhir 5-1 tetap bertahan. Dengan kemenangan ini Belanda berhasil menempati puncak klasemen Grup B dan selanjutnya akan bertemu Australia. (.id/bola.net/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.