Kolombia Sempurna, Jepang Pulang

colombia-goal-2-650_062514021550

Arena Pantanal, Cuaiaba menjadi saksi bagaimana Kolombia meraih hasil sempurna di Grup C dengan mengalahkan Jepang, 4-1 dalam matchday ketiga, Rabu (25/06) pagi. Gol Kolombia dibukukan oleh Juan Cuadrado, Jackson Martinez dan playmaker James Rodriguez, satu-satunya gol Jepang dicetak Shinji Okazaki.

Blue Samurai mencoba untuk melakukan tekanan di awal pertandingan dan menguasai ball possession. Shinji Kagawa dan Uchida menghasilkan dua peluang bagus untuk Jepang sayangnya tak mampu dimaksimalkan oleh Okuba dan Makoto Hasebe. Justru Los Cafeteros yang lebih dulu mencetak gol.Cuadrado berhasil memasukkan bola ke gawang Kawashima melalui eksekusi penalti setelah Konno menjatuhkan Adrian Ramos pada menit ke-17.

Memberi respon atas ketertinggalan itu Jepang kembali melakukan tekanan pada pertahanan Kolombia, tapi tim asuhan Pekerman menolak untuk bertahan. Alhasil beberapa serangan balik yang kebanyakan dimotori oleh Quintero dan Cuadrado merepotkan Jepang. Peluang terbaik Jepang diraih Kagawa yang melewati dua pemain lawan dan juga tendangan bebas Keisuke Honda, bola belum berhasil menembus gawang Ospina.

Striker Jackson Martinez tak mampu menggandakan skor, setelah dalam posisi cukup bebas ia gagal mengarahkan tendangan ke gawang Kolombia. Dan tepat sebelum peluit tanda berakhirnya babak pertama berbunyi, Shinji Okazaki menyundul crossing Honda dari sayap kanan untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Berkebalikan dengan awal babak pertama, pada 45 menit kedua, Kolombia yang mengambil inisiatif menyerang. Gol kedua pun hadir di menit ke-55. Adalah Jackson Martinez yang membayar kegagalannya di babak pertama muncul sebagai pencetak gol kedua Kolombia dengan memanfaatkan umpan James Rodriguez.

Jepang sendiri mengerahkan semua kemampuannya untuk menambah gol. Tendangan bebas Honda yang diblok Ospina dan sontekan Okubo di depan gawang menunjukkan kegigihan mereka. Namun serangan demi serangan yang dilakukan Jepang membuat lini belakang mereka menjadi sangat rentan, Kolombia pun memanfaatkannya.

Jackson Martinez mencetak gol keduanya di menit 82 dan ketenangan Rodriguez dalam menaklukkan Kawashima menyegel tiga poin bagi salah satu wakil CONMEBOL ini. Pertandingan usai dengan skor 4-1 bagi Los Cafeteros. Kolombia mendapatkan tiket ke putaran 16 besar dengan status juara Grup C dan sembilan poin, sempurna!

Duel sesama Amerika Selatan pun kembali akan tersaji di 16 besar, karena Kolombia harus berhadapan dengan La Celeste , Uruguay sebagai runner up Grup D. Di pertandingan lain Yunani menyingkirkan Pantai Gading dengan skor 2-1 dan akan menghadapi Kosta Rika di 16 besar.

Susunan pemain

Jepang: Kawashima, Uchida, Nagatomo, Hasebe, Konno, Yoshida, Okubo, Aoyama (Yamaguchi 62′), Okazaki (Kakitani 69′), Honda, Kagawa (Kiyotake 85′).

Kolombia: Ospina (Mondragon 85′), Arias, Armero, Guarin, Valdes, Balanta, Cuadrado (Carbonero 46′), Mejia, Martinez, Ramos, Quintero (Rodriguez 46′)

(.id/bola.net/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.