Kosta Rica Tantang Belanda Di Perempatfinal

costa-rica-reuters_2958763b

Kosta Rika tundukkan Yunani melalui drama adu penalti dengan skor 5-3 (1-1) dalam laga 16 besar di Itaipava Arena Pernambuco, Senin (30/06). Laga berakhir imbang 1-1 di waktu normal. Gol Kosta Rika dicetak oleh Bryan Ruiz di babak pertama sementara gol Yunani dicetak di babak kedua melalui sepakan Sokratis Papastathopoulos. Di babak adu penalti, Ticos berhasil menang setelah satu penendang lawan, Theofanis Gekas, gagal menaklukkan Keylor Navas.

Kosta Rika langsung menekan pertahanan lawan begitu wasit memulai pertandingan. Dalam tujuh menit awal, tiga serangan berhasil dilancarkan oleh Bryan Ruiz cs ke pertahanan Yunani. Namun belum ada peluang yang benar-benar mengancam gawang Karnezis. Memasuki pertengahan babak, Yunani mulai bisa menekan pertahanan Kosta Rika. Di menit ke-28, Karagounis melepas tembakan dari jarak jauh. Namun bola masih mengarah tepat ke tangkapan Keylor Navas.

Peluang kembali didapat Yunani pada menit ke-37. Crossing Cholvas ke tiang jauh Kosta Rika berhasil disambar sepakan Salpingidis yang berdiri bebas. Namun, Navas dengan cemerlang bisa mementahkan peluang tersebut dengan kaki kanannya. Laga pun akhirnya berakhir imbang 0-0 hingga memasuki jeda minum. Secara umum, kendati berjalan dalam tempo cukup tinggi, namun laga berlangsung menjemukan.

Yunani ganti tampil menggebrak sejak menit pertama di babak kedua. Peluang pun mereka dapatkan pada menit ke-47 melalui Georgios Samaras. Namun bola tandukan penyerang jangkung itu masih mengarah tepat ke pelukan Navas. Walau demikian, justru Kosta Rika yang akhirnya bisa mencetak gol lebih dahulu di menit ke-52. Christian Bolanos menyerang sisi kanan Yunani. Ia kemudian mengirim umpan pada Ruiz yang berdiri tepat di depan kotak penalti. Penyerang Fulham itu pun menendang bola dengan kaki kirinya ke arah tiang jauh. Kiper dan bek-bek lawan hanya bisa terpana melihat gawang mereka kebobolan. 1-0 Ticos unggul.

Yunani tampil kian ofensif setelah kebobolan. Mereka pun kian menguasai jalannya laga setelah satu pemain Kosta Rika, Oscar Duarte diusir keluar lapangan pada menit ke-66 karena akumulasi kartu kuning. Yunani terus menggempur pertahanan Kosta Rika. Namun sang lawan masih bisa bertahan dengan baik. Namun, pertahanan Navas akhirnya jebol juga ketika laga sudah memasuki menit ke-90. Sokratis Papastathopoulos mampu membobol gawang Ticos memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Gekas. Skor imbang 1-1.

Tiga menit berselang, Yunani kembali mengancam gawang Kosta Rika. Mitroglou menanduk bola umpan crossing Torosidis tepat ke tengah gawang. Namun peluang itu mampu digagalkan dengan gemilang oleh Navas. Laga pun akhirnya berakhir imbang 1-1 di waktu normal. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak extra time.

Di babak tambahan ini, Yunani menguasai sebagian besar jalannya laga. Beberapa peluang mereka dapatkan, namun tak ada yang berhasil menjebol gawang Navas. Kosta Rika sendiri otomatis hanya bisa bermain mengandalkan serangan balik, yang juga sama-sama tak menghasilkan satu gol pun. Laga pun akhirnya dilanjutkan hingga ke babak adu penalti.

Kosta Rika akhirnya mencetak sejarah bisa masuk ke perempatfinal Piala Dunia setelah menang di babak adu penalti ini. Mereka unggul 5-3 atas Yunani. Para penendang Kosta Rika yang sukses adalah Celso Borges, Bryan Ruiz, Giancarlo Gonzalez, Joel Campbell, dan Michael Umana.

Sementara itu Yunani hanya bisa membobol gawang Navas melalui eksekusi Konstantinos Mitroglou, Lazaros Christodoulopoulos dan Jose Holebas. Satu-satunya eksekutor yang gagal adalah Theofanis Gekas. Kosta Rika bakal bersua dengan Belanda di babak perempatfinal yang akan dilangsungkan di Arena Fonte Nova, 6 Juli mendatang.

Susunan Pemain:

Kosta Rika: Navas, Gonzalez, Umana, Borges, Duarte, Bolanos (Brenes), Campbell, Ruiz, Diaz, Gamboa (Acosta), Tejeda (Cubero).

Yunani: Karnezis, Maniatis (Katsouranis), Manolas, Samaras, Karagounis, Salpingidis (Gekas), Torosidis, Lazaros, Sokratis, Cholevas, Samaris (Mitroglou).

(.id/bola.net/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.