Maot Alatan Karacunan Cilok di Depok

cilok

 Seorang bocah berusia 5 tahun bernama Alifa Adelina Fahira, meregang nyawa setelah sempat kritis di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, Selasa 24 Juni 2014. Dia diduga tewas akibat keracunan jajanan terbuat dari tepung kanji, .

Cilok adalah panganan yang terbuat dari tepung kanji dan dibentuk bulat-bulat. Jajanan yang banyak ditemui di Jawa Barat ini sebetulnya kepanjangan dari ‘aci (kanji) dicolok’. Lalu, bulatan kanji itu diberi saus kacang.

Kapolresta Depok Komisaris Besar Ahmad Subarkah mengatakan, awalnya bocah yang keracunan berjumlah 15 orang, namun 14 di antaranya sudah membaik setelah sempat dilarikan ke RSUD Depok.

Dia menjelaskan, kejadian ini berawal ketika para korban membeli jajanan cilok saat ada acara pengajian di kawasan Sawangan Baru, Rt 4/5, Jalan Jati 4, Sawangan Depok.

“Kejadiannya Sabtu kemarin, saat ada pengajian di salah satu rumah tokoh setempat di daerah Sawangan. Nah, para korban saat itu membeli jajanan cilok,” ujar Subarkah.

Kasus ini, kata Subarkah, baru dilaporkan oleh para orangtua korban Senin malam. Kurangd ari 24 jam, penjual jajanan itu ditangkap. 

Menurut Subarkah, penjual cilok itu bernama Isa Ansori dan berumur 50 tahun. “Belum diketahui secara pasti apa kandungan dari jajanan itu karena masih di uji di laboratorium. Kasusnya sedang kami dalami,” (.id/news-viva/ar)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.