Raih Nilai Sempurna, Belgia Lolos ke 16 Besar

2014-World-Cup---Belgium-South-Korea-jpg

Belgia mengakhiri fase grup dengan kemenangan atas Korea Selatan pada matchday ketiga Grup H di Arena Corinthians, Jumat (27/06) pagi. Bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-44, satu-satunya gol di pertandingan ini dicetak oleh Jan Vertonghen selaku kapten dengan absennya Vincent Kompany.

Belgia yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar dengan dua kemenangan sebelumnya melakukan beberapa perubahan dalam starting eleven, salah satunya adalah memainkan Adnan Januzaj. Dari kubu Korea Selatan, pelatih Hong Myung-Bo menurunkan striker Kim Shin-Wok.

Taeguk Wariors bermain dengan semangat tinggi, berusaha untuk membombardir pertahanan Belgia sejak awal meski skema tersebut tak berjalan mulus. Sepinya peluang berbahaya sepanjang 25 menit terpecahkan dengan sontekan Dries Mertens di muka gawang Kim Seung-Gyu yang masih melambung, satu peluang emas terlewatkan.

Lima menit kemudian, Thibaut Courtois harus mengamankan gawangnya dari tendangan luar kotak penalti Ki Sung-Yong dan dari tendangan penjuru Korea Selatan kembali memperoleh peluang, sayang skor belum berubah. The Rode Duilvels harus bermain 10 orang setelah Steven Defour menginjak kaki Kim Shin-Wook saat pertandingan memasuki menit 44. Babak pertama usai dengan keadaan imbang tanpa gol.

Korea Selatan yang sejauh ini sangat lemah dalam penyelesaian akhir gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Pelatih Marc Wilmots memasukkan striker muda Divock Origi pada menit 60 untuk menyuntikkan kecepatan pada serangan-serangan Belgia, strategi tersebut berhasil.

Kecepatan dan kelincahan Origi membuat Korea Selatan tidak melakukan serangan secara total, Taeguk Wariors kerap kali harus menghalau serangan Belgia. Dan gara-gara Origi kebuntuan terbuka di menit ke-78. Tendangannya berhasil dimentahkan Kim Seung-Gyu namun bola rebound sukses dihantam kapten Jan Vertonghen.

Organisasi pertahanan Belgia selalu mampu menggagalkan serangan-serangan Korea Selatan di luar fakta bahwa tumpulnya lini depan adalah hal yang harus dibenahi oleh Hong Myung-Bo. Saat wasit Ben Williams meniupkan peluit panjang, kedudukan 1-0 untuk Belgia tak berubah. Belgia menjadi tim keempat di Brasil 2014 yang menyelesaikan fase grup dengan nilai sempurna.

Dan sebagai juara Grup H, Belgia akan berhadapan dengan runner up Grup G yaitu Amerika Serikat di babak 16 besar. Di pertandingan lainnya, Aljazair bermain 1-1 lawan Rusia, hasil yang meloloskan The Desert Foxes ke putaran 16 besar, di mana mereka sudah ditunggu juara Grup G, Jerman.

Susunan pemain:

Korea Selatan: Kim Seung-Gyu, Lee Yong, Hong Jeong-Ho, Kim Young-Gwon, Yun Suk-Young, Han Kook-Young (Lee Keun-Ho 46′), Ki Sung-Yueng, Lee Chung-Yong, Koo Ja-Cheol, Son Heung-Min (Ji Dong-Won 73′), Kim Shin-Wook (Kim Bo-Kyung 66′)

Belgia: Courtois, Vanden Borre, Van Buyten, Lombaerts, Vertonghen, Dembele, Defour, Mirallas (Hazard 88′), Fellaini, Mertens (Origi 69′), Januzaj (Chadli 60′)

(.id/bola.net/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.