Zonder Persie Perlu Strategi Hadapi Babak Berikut

PERSIE-2
hanya akan menjadi penonton pada laga pamungkas Grup B saat Belanda harus head to head dengan di , malam nanti. Pemenang duel ini akan menyandang status sebagai jawara grup dan akan terhindar dari jawara Grup A di babak 16 besar.

Dua kartu kuning yang dikoleki RVP di laga sebelumnya harus memaksa strikerManchester United ini hanya akan menjadi penonton. Tak hanya itu, Belanda juga tengah was-was dengan kondisi bek tangguhnya, Bruno Martins Indi yang dikabarkan tengah bermasalah dengan cedera.

Meski Belanda dan Chile dipastikan akan menjadi wakil Grup B ke fase knock out, namun laga ini sangat penting bagi kedua tim. Pasalnya, pemenang di laga ini dipastikan akan terhindar dari penguasa Grup A yang kemungkinan besar akan menjadi milik tuan rumah Brasil.

Dan tak dipungkiri menghindari Brasil tentu menjadi keinginan terpendam Belanda dan Chile. Dan siapa yang bakal terhindar dari Brasil, tentu akan dipertaruhkan dalam pertandingan 90 menit, nanti malam

Siapa Pengganti Peran RVP?

Dengan adanya sosok RVP, Belanda mungkin sedikit diunggulkan atas Chile. Namun dengan minus striker serba bisa ini, kekuatan Belanda dan Chile kini menjadi berimbang.

Keberadaan RVP memang sangat vital di skuad De Oranje. RVP dan Arjen Robben menjadi dua sosok paling vital di timnas Belanda. Hal itu juga dibuktikan dengan catatan RVP dan Robben yang masuk dalam daftar top skorer sementara bersama Karim Benzema (Prancis), Thomas Mueller (Jerman), dan Enner Valencia (Ekuador) yang sama-sama mencetak tiga gol.

Kini dengan absennya RVP tentu daya gedor timnas Belanda tidak akan maksimal. Dan untuk menggantikan peran RVP, Louis van Gaal sepertinya akan menurunkan penyerang Dymamo Kiev, Jeremain Lens.

Namun, Van Gaal juga punya opsi menurunkan striker gaek, Dirk Kuyt atau Klaas-Jan Huntelaar. Atau Van Gaal justru akan memainkan gelandang serang Memphis Dempay yang sukses mencetak satu gol saat Belanda menekuk Australia 3-2.

Di lini tengah Nigel de Jong akan menjadi tukang jagal. Sedangkan Jonathan de Guzman, Wesley Sneijer dan Arjen Robben akan menjadi poros serangan Belanda.

Sedangkan trio Bruno Martins Indi, Ron Vlaar, dan Stefan de Vrij akan jadi tembok terakhir bagi kiper Jasper Cillessen. Sedangkan Daley Blind dan Daryl Janmaat akan rajin membantu pertahanan dan serangan di sisi kanan dan kiri.

Chile Kokoh di Lini Tengah

Jika Belanda telah pasti kehilangan RVP, maka Chile kemungkinan besar akan turun dengan kekuatan terbaiknya. Arturo Vidal yang sempat diragukan tampil mengaku siap diturunkan di duel panas ini.

Pelatih Chile, Jorge Sampaoli akan tetap mengandalkan Alexis Sanchez dan Eduardo Vargas sebagai tumpuan di lini depan. Dan untuk memenangkan duel di lini tengah, Chile akan menumpuk pemain gelandang. Vidal akan bahu membahu bersama Jorge Valdivia, Charles Aranguiz, Mauricio Isla, dan Marcelo Diaz.

Sedangkan palang pintu pertahanan akan diperankan Gary Medel, Eugenio Mena dan Gonzalo Jara. Di bawah mistar gawang, akan ditempati kiper Claudio Bravo.

Dengan skema ini, Chile tentu akan lebih unggul di lini tengah dan yang pasti Nigel de Jong akan bekerja keras untuk mengimbangi lini tengah Chile. Menghadapi Chile di lini tengah tentu bukan pilihan tepat bagi timnas Belanda. Robben dan kawan-kawan tentu akan lebih banyak membangun serangan lewat sektor sayap.

Nah, melihat persebaran pemain dan absennya RVP hingga catatan Chile yang sudah terbiasa bermain di Brasil, permainan cepat Chile tentu akan merepotkan Belanda. Kini tergantung seberapa kuat Nigel de Jong menghalau lini tengah Chile merangsek ke pertahanan.

Yang jelas, harapan Chile menjuarai Grup B kini tetap terbuka lebar. Meski tak mudah, meraih kemenangan kini menjadi hal yang wajar bagi Chile mengingat Belanda harus tanpa senjata andalannya, RVP. (.id/viva-adi/ar)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.