Bobotoh Persib di Brasil

Ubaidillah

Seorang , (39), ikut menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil. Selama di Brasil, ia berpindah-pindah kota tempat penyelenggara pertandingan seperti Sao Paulo, Rio de Janeiro, Brasilia dan Recife. Ia  tidak menetap permanen. Tempat menginapnya terkadang  di area fan zone, penginapan, dan rumah orang Indonesia di Brasil.

Pria lulus SMAN 4 Bandung pada tahun 1990 itu, baru saja menamatkan sekolah S-2 di Selandia Baru. Sehari setelah pembukaan Piala Dunia 13 Juni lalu, ia pulang ke Indonesia dari Selandia Baru hanya ingin membawa jersey PERSIB.

Pria asal Malangbong Garut itu, kemudian berangkat ke Brasil. Ia berada di Brasil selama satu bulan penuh. “Saya sudah mengumpulkan uang sejak empat tahun lalu setelah gagal ke Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Sekarang Alhamdulillah bisa berangkat ke Piala Dunia,” ujarnya.

Selama di Brasil, saat menonton pertandingan, ia selalu memakai jersey resmi PERSIB 2011-2012. Menurutnya, banyak pengalaman menarik selama  memakai jersey PERSIB karena dianggap sebagai suporter Italia. Bahkan, suporter Italia sendiri sempat heran dengan jersey yang digunakan pria yang kini tinggal di Jakarta itu.

“Mereka sempat melihat logo PERSIB, dan bertanya soal PERSIB. Saya utarakan PERSIB adalah klub paling besar dan terkenal di Indonesia,” katanya.

Menjelang pertandingan final Argentina melawan Jerman, dia sempat datang ke Stadion Maracana dan berfoto dengan suporter dari Jerman dan Argentina.  Ia kini juga sudah merencanakan dua tahun lagi menyaksikan Piala Eropa 2016 di Prancis dan tentunya akan terus membawa atribut klub idolanya sejak kecil, PERSIB. (bobotoh.id/persib/ar)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.