Transformasi Vladimir ‘Vlado’ Vujovic

vladimirgrut

memang dikenal sebagai pemain belakang tangguh yang dimiliki . Tapi ternyata, posisi tersebut bukanlah posisi yang digeluti pemain yang biasa disapa Vlado ini, diera-era awal dirinya menjadi pemain profesional. Lalu sebenarnya posisi Vlado yang ideal dulu itu di mana sih?

Apabila dua tahun silam Vlado mengabaikan saran temannya, mungkin sampai saat ini nama Vladimir Vujovic tak akan setenar saat ini di Indonesia. Dia pun mungkin tak pernah menginjakkan kakinya di Indonesia jika saja dia tetap dengan posisi bermainnya itu dulu.

Beruntung, dia menerima saran temannya untuk mentransformasi atau mengubah posisi bermain saat usianya menginjak 30 tahun. Jika saat itu tak berpindah posisi, mungkin kini dia nganggur alias tak mempunyai klub, atau mungkin juga dia bisa gantung sepatu lebih awal.

Lalu apakah saran yang diberikan temannya itu? Sarannya yaitu Vlado diminta untuk mengubah posisi bermainnya dari posisi pemain gelandang bertahan menjadi bek tengah (stopper). Ya, berkat saran rekannya itu, Vlado masih bersinar sebagai pemain sepak bola hingga dinobatkan sebagai salah satu pemain belakang terbaik di Liga Super Indonesia.

Bermain sebagai bek tengah, peran Vlado tak tergantikan selama memperkuat Persib musim ini. Hampir seluruh laga dilewatinya sebagai seorang starter. Mungkin hanya akumulasi kartu kuning yang mampu menghentikan kiprahnya di LSI. Dan hal itu ia buktikan dengan hanya sekali absen dari 14 laga yang dilakoni Persib di LSI.

Dari 13 partai yang dia lakoni, belum sekalipun ia keluar lapangan sebelum pertandingan berakhir. Artinya sang pelatih memercayakan betul bek tengah kepada Vlado. Dia adalah pilihan utama pelatih Djadjang Nurdjaman (Djanur) di jantung pertahanan Persib bersama Achmad Jufriyanto yang juga mampu bermain sebagai gelandang bertahan.

Di Persib, jam terbangnya sebagai centre back terus terasah. Ketika membela Al Ahed sepanjang musim 2011/2012, pemain kelahiran 23 Juli 1982 itu hanya bermain tujuh kali dengan mengumpulkan 583 menit bermain di posisi ini. Klub inilah yang pertama kali memakai jasa Vlado sebagai pemain belakang.

Lalu, pada musim lalu bersama klub di negara asalnya, Petrovac, Vujovic tampil sebanyak 10 kali dengan 673 menit bertanding. Bersama Maung Bandung, menit bermain Vlado naik drastis menjadi 1.170 menit. Toh, ia masih memiliki peluang mengoleksi lebih banyak menit bermain hingga musim ini berakhir.

Dan alangkah indahnya jika kesuksesan tranformasi posisi barunya ini seiring dengan suksesnya dia mengantarkan Persib ke tangga juara ISL 2014. (.id/tribunnews/persib/ayc)

Komentar

Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.