Internet Belakangan Jadi Lelet, Ini Penyebabnya

1253262internet-ID780x390Apakah Anda merasakan menurunnya kecepatan akses beberapa hari belakangan? Jika ya, kemungkinan penyebabnya sama dengan yang dialami oleh sejumlah penyedia layanan di AS pada awal minggu ini. Masalah yang antara lain dirasakan oleh sebagian pengguna di AS dan Kanada tersebut ternyata berakar dari “daftar alamat” (IP address) yang tersimpan di perangkat-perangkat router milik sejumlah penyedia layanan internet utama.

Sebagaimana dijelaskan oleh Extreme Tech, Kamis (14/8/2014), router milik para pengelola data center yang menjadi tulang punggung internet menyimpan “daftar alamat” atau peta dari seluruh jaringan internet yang disebut sebagai Border Gateway Protocol (BGP) Table.  Peta BGP Table ini menjadi acuan untuk mengarahkan trafik dari pengguna internet ke server yang dituju dan sebaliknya melalui rangkaian router lain yang sama-sama menyimpan BGP Table untuk menyambung jalan.

Nah, di sinilah letak masalahnya. Sebagian router, terutama yang sudah berumur, hanya memiliki memori yang cukup untuk menyimpan entry BGP Table sebanyak 512K atau 524.288. Begitu ukuran daftar alamat melebihi angka tersebut, perangkat-perangkat router ini berhenti bekerja atau mengalami penurunan kinerja. Jalur komunikasi internet yang tersambung melalui router bermasalah pun terkena imbasnya dan mengalami gangguan karena router tidak bisa meneruskan trafik.

Saat ini belum semua router mengalami kelebihan tabel routing karena jumlah alamat yang disimpan berbeda-beda, tergantung banyaknya jalur yang dihubungkan oleh router tersebut. Namun, kebanyakan router yang ada sekarang sudah menyimpan sekitar BGP Table berisi sekitar 500.000 entry. Perkembangan jaringan internet akan semakin mendorong angka tersebut hingga melewati 512K sehingga pada waktu yang akan datang jumlah router yang bermasalah diperkirakan bakal bertambah banyak.

Untungnya, hanya perangkat-perangkat router tua yang mengalami masalah. Router baru memiliki memori lebih banyak sehingga bisa menyimpan entry BGP Table sebanyak lebih dari 524.288. Problem ini sebenarnya sudah terendus sejak lama. Penyedia perangkat networking Cisco, misalnya, pada Mei lalu sudah mengingatkan pelanggannya dan memberikan jalan keluar. Perangkat-perangkat router pun bisa diganti dengan yang lebih baru dan bebas masalah. (.id/kompas/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.