Nandang: Balik Deui Ka Formasi Awal!

2128451Mantan Pemain era 90-an, berpendapat lebih baik kembali ke formasi biasanya, menggunakan empat pemain belakang. Menurutnya formasi tersebut terbukti di beberapa laga tim mampu meraup poin.

Sebetulnya formasi awal Presib 4-2-3-1, 4-4-2, atau 4-3-3 yang banyak dilatih oleh Kang Djadjang (Nurdjaman). Saya kira harus kembali ke formasi awal, soalnya Persib banyak meraih hasil positif dengan formasi tersebut,” kata Nandang, Senin (18/8/2014).

Nandang menuturkan, keputusan juru taktik Maung Bandung menggunakan formasi 3-5-2 saat menghadapi Semen Padang terlalu memaksakan, sehingga beberapa pemain tidak bisa menjalankan perannya menempati posisi baru. Untuk itu, sambung Nandang, meski formasi 3-5-2 bukan barang baru, pelatih yang akrab disapa Djanur itu harus lebih banyak melatih formasi itu terlebih dahulu.

“3-5-2 sebetulnya bukan formasi yang asing, cuma yang tiganya bukan flat, harusnya ada libero. Kalau kemarin lihat terlalu memaksakan Abdulrahman. Saya kira formasi 3-5-2 di Padang harus banyak latihan, tidak hanya sekadar hanya ingin menang untuk membalas kekalahan,” bebernya.

Selain lini belakang, Nandang melihat kedua sayap Persib terlalu dipaksakan. Penempatan M Ridwan di sektor kiri merupakan keputusan berbahaya. Terbukti, kata dia, sisi kiri Maung Bandung tidak begitu banyak melakukan pergerakan.

“Kenapa kemarin nggak pasang Jajang? Sebetulnya Semen Padang tidak begitu spesial, sebetulnya Persib bagus daripada saat lawan Persija,” jelasnya.

Nandang menilai, sebenarnya Persib tidak harus sampai kebobolan apabila ada orang yang bisa menutup tugas Supardi. Sebab, dia melihat Supardi lebih banyak melakukan akselerasi ke daerah pertahanan lawan, sehingga terlambat untuk kembali ke lini belakang.

Saat menghadapi Persijap Jepara, Nandang berharap Persib bisa mengemas tiga angka. Seperti apapun formasi Djanur, lanjut dia, yang penting Maung Bandung bisa menambah poin guna menjaga persaingan di papan klasemen, untuk mengejar tiket lolos ke fase delapan besar.

“Lawan Persijap, harus dimenangkan untuk mengamankan posisi di babak delapan besar, karena kemarin kita kalah. Saya kira Persib butuh poin untuk lolos, siapapun lawannya kalau kita main di kandang harus menang,” pungkas Nandang. (.id/inilahkoran/ayc)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.