CINCIN LAFAZ ALLAH DI WANITA VIKING KUNO

cincin-kuno-bertuliskan-AllahBangsa pelaut kuno yang paling terkenal Eropa, Viking, ternyata mempunyai keterkaitan dengan dunia Islam. Lewat penemuan cincin berusia 1.000 tahun, kini bangsa Viking disebut sebagai pemeluk Islam. Benarkah demikian?

Cincin kuno 1.000 tahun itu ditemukan di sebuah makam wanita Viking kuno yang terdapat di Swedia. Menariknya, batu kaca berwarna merah muda yang menjadi ‘mata’ dari cincin itu bertuliskan huruf Arab kuno yang mempunyai arti ‘untuk Allah’.

Fakta di mana bangsa Skandinavia di era Viking telah lama menempa kaca ikut menguatkan teori bila sebagian bangsa pelaut itu adalah pemeluk Islam.

Sejak 3.400 tahun silam, bangsa Viking memang diketahui sudah melakukan perdagangan benda-benda berbahan kaca dengan pedagang Mesir dan Mesopotamia (sekarang Irak).

“Cincin itu mungkin adalah bukti fisik dari hubungan antara era Viking dengan dunia Islam,” tulis ilmuwan Universitas Stockholm.

Sebagai satu-satunya cincin bertuliskan huruf Arab yang ditemukan di situs purbakala bangsa Viking, membuat cincin itu menjadi salah satu jendela sejarah paling penting di dunia. Apabila misteri di balik cincin ‘Allah’ itu tersibak, sejarah bangsa Viking bisa saja berubah. (Bbth-HP/Merdeka.com)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.