MASJID ISTIMEWA DAN AGUNG | Imamna Kudu Katurunan Rasulullah

masjid2Masjid Jahan Numa, umumnya lebih terkenal dengan nama Masjid Jami’ Delhi, merupakan masjid utama kota Tua Delhi di India. Masjid tersebut ditugaskan di bangun oleh Kaisar Mugal Sah Jehan, pendiri Taj Mahal, dan selesai pada tahun 1656 AD, ini merupakan masjid terbesar dan terkenal di India. Terletak di jalan paling sibuk di pusat kota Tua Delhi, Channi Chowk.

Di dalamnya mampu manampung 35,000 orang jamaah. Masjid tersebut juga menyimpan beberapa relik dalam lemari di gerbang utara, termasuk  salinan Alquran antik yang tertulis di kulit rusa. Dalam proses pembangunannya, masjid ini melibatkan 5000 pekerja yang terdiri dari pekerja buruh dan seniman. Dana yang dihabiskan saat itu juga cukup fantastis yaitu 10 lakh atau juga setara dengan 1 juta rupee India kini.

Selain pembangunannya yang fenomenal, masjid ini dikenal juga dengan sejarah para imamnya. Sebagai masjid yang istimewa dan agung, Sultan Shah Jehan menginginkan Imam yang benar-benar patut menjadi Imam.
Beberapa syarat yang dilontarkan Shah Jehan adalah pertama, harus keturunan Rasulullah, baik dari garis ayah maupun ibunya. Kedua, Imam tersebut harus memiliki pengetahuan yang luas, berintegritas, dan berkualitas tinggi.

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.