SEPAK BOLA ADALAH KEBEBASAN

unduhan (6)Banyak orang yang terkejut mendengar Bob Marley pernah mendapat julukan sebagai Tuhan Sepak bola. Selain itu Marley telah dikenal sebagai seorang pemain sepak bola fanatik dan fans. Raja musik Reggae ini menyebut sepak bola sebagai olahraga libertarian. Atas kecenderungan tersebut pula, maka tak perlu diherankan jika ia kemudian menggilai kultur sepak bola Brasil

Semasa hidup, Marley mengaku sebagai suporter Santos. Dalam banyak kesempatan wawancara, ia juga kerap menyebut dua nama beken, Pele dan Osvaldo Ardilles, sebagai idolanya sepanjang masa di lapangan hijau.

“Sepak bola adalah seluruh keterampilan untuk dirinya sendiri. Seluruh dunia. Seluruh alam semesta. Saya menyukainya karena Anda harus terampil untuk memainkannya! Kebebasan! Sepak bola adalah kebebasan. ” tutur Bob Marley pada 1979 seperti yang dikutip bossaballsports.

Kala ia melakukan tur musik ke Rio de Janeiro pada tahun 1980, Marley pun menyempatkan diri merumput bersama beberapa pemain dari Nantes, tim nasional Brasil,dan Haiti, dalam pertandingan yang digelar oleh salah seorang musisi legendaris Brasil, Chico Buarque. Sebelum laga dimulai, Paolo Cesar, salah seorang anggota skuat Brasil 1970, sempat memberikan jersey Santos bernomor punggung 10 milik Pele yang dikeramatkan.

Bahkan Majalah FourFourTwo edisi Maret 2008 pernah menulis mengenai kedekatan Marley dengan salah satu legenda sepak bola profesional Jamaika pada era 1960an-1970-an, Allan “Skilly” Cole. Cole sendiri sempat menjadi “road manager” Bob Marley.

 

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.