BANDUNG GILA PERSIB ! | Juga milik Bobotoh sa Alam Dunya.

bdgBagaimana seandainya juara klub se-Asia? Apa lagi juara klub sejagad? Sungguh tak terbayangkan apa yang akan dilakukan oleh ‘’ Persib bila impian itu jadi kenyataan. Bayangkan, Persib mengungguli Barcelona, Bayern Muenchen, maupun Sao Paulo.

Sembilan belas tahun memang masa penantian yang panjang bagi Persib. Melalui drama pertandingan plus perpanjangan waktu dan ditambah dengan adu kepiawaian dalam tembak penalti, akhirnya Persib merebut gelar juara yang sempat didominasi Persipura—runner upkali ini. Seperti kata Ferdinand Sinaga, yang terpilih sebagai pemain terbaik, “Siapa yang siap mental hingga pertandingan usai, dialah yang menang.”

Kemenangan Persib sekaligus kemenangan sportivitas, meski pertandingan final sempat diwarnai oleh aksi menggelikan Vladimir Vujovic yang berusaha menyundul bola yang tengah dipegang kiper Persipura Dede Sulaiman. Wasit Prasetyo Hadi sudah bertindak adil dengan mengeluarkan satu pemain Persipura dan satu pemain Persib sehingga pertandingan final bersih dari permainan sabun.

Bobotoh merayakan juara dengan tumpah ke jalan, ini menunjukkan kecintaan bobotoh kepada Persib. Kecintaan penggemar, yang kerap malah diwujudkan dalam kritik yang keras, merupakan salah satu modal penting yang dimiliki dan menjadi pendorong agar lebih bersemangat dalam bertanding.

Pendukung Persib bukan hanya anggota Viking, tapi juga warga yang berdiam di —bahkan Nico Siahaan yang sekarang tinggal di Jakarta tetap merasa sebagai ‘urang ’ yang mencintai Persib. “Saya bangga sebagai bobotoh,” kata Nico yang karena Persib Juara rambutnya digundul pada acara Sunday is Gundul Day.

Pas perayaan Persib juara, jalanan di Bandung menjadi lautan . Kemeriahan dan sambutan yang begitu luar biasa semestinya bisa menjadi cambuk bagi klub ini untuk memancang target yang lebih tinggi lagi di masa mendatang. Tak cukup puas menjadi juara liga di Indonesia, Maung Bandung mestinya mampu berbicara di jenjang Asia Tenggara maupun Asia. Jika jadi juara di jenjang ini, bobotoh boleh membikin kembali jalanan—sekalipun sampai membikin Bandung berhenti berputar alias macet total. (Bobotoh.id/HP/tempo.co)

 

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.